Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Membuat Seseorang Tak Bisa Mendapatkan Surga

Bila diminta memilih antara surga dan neraka? Mana yang akan kamu pilih ladies? Sebagian besar tentunya akan memilih surga. Apa itu surga? Surga merupakan tempat yang sarat akan kebahagiaan dan kedamaian di alam keabadian suatu saat nanti. Surga digambarkan sebagai tempat bagi orang-orang yang beriman, mengikuti perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya.

Bicara mengenai surga, dalam Islam sendiri masuk surga dan menjadi penduduknya tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Ketika tiada keimanan dalam hati, tiada pernah menjalankan perintahNya dan tiada percaya akan keberadaan surga, rasanya mustahil untuk menjadi salah satu penduduknya.

Dalam sebuah hadist bahkan disebutkan bahwa Rasullullah SAW pernah besabda ada beberapa golongan yang diharamkan masuk surga dan tak pernah bisa mendapatkan surga. 3 golongan ini adalah mereka yang melakukan hal-hal yang sangat dibenci dan dilaknat serta diharamkan oleh Tuhan. Apa saja?

Pecandu Minuman Keras
Hal pertama yang membuat seseorang tak bisa mendapatkan surga adalah karena ia seorang pecandu minuman keras. Minuman keras adalah minuman yang haram dikonsumsi karena selain merusak tubuh juga merusak akal dan pikiran.

Rasullullah SAW bersabda "Allah melaknat peminum khamar, yang menyuguhkannya, yang menjualnya, yang membelinya, yang membuatnya, yang menyuruh membuat, yang memanggul dan yang menerimanya". (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah).



Anak Durhaka
Bagi mereka yang durhaka terhadap kedua orang tuanya, yang menyakiti hati orang tuanya dan membuat ridha orang tua terluka, tidak ada surga buatnya. Anak yang telah durhaka kepada orang tuanya, ia diharamkan masuk surga karena surga ada di atas keridhaan orang tua.

Dalam Al Quran Allah berfirman, "Maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada orang tua perkataan 'ah' dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS, Al Isra, 23)



Dayyuts atau Orang yang Membiarkan Keluarganya
Dayyuts merupakan minimnya perasaan cemburu seorang suami terhadap anak dan istrinya. Ini merupakan perasaan di mana suami tidak peduli dan tidak membawa istri juga anak-anaknya ke jalan yang benar saat keduanya melakukan dosa. Padahal, tugas seorang suami adalah menuntun, membimbing dan bertanggung jawab atas istri dan anaknya agar selalu ke jalan yang benar, ke jalan yang diridhai Tuhan dan di jalan menuju surgaNya.

"Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya". (HR Ahmad).



Itulah tiga hal yang membuat seseorang sulit bahkan tidak pernah bisa mendapatkan surgaNya. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang gemar melakukan tiga hal ini dan semoga jalan lurus senantiasa menyertai jalan kehidupan kita. Marhaban ya Ramadan, selamat berpuasa bagi yang menjalankan.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading