Sukses

Lifestyle

5 Keistimewaan Bulan Ramadan, Apa Sajakah?

Agar bisa lebih semangat menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadan, penting juga mengetahui dan memahami keistimewaan dan keutamaan yang ada di bulan suci ini. Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa. Ada banyak keutamaan yang dimilikinya bahkan kita bisa mendapat banyak berkah di bulan yang penuh ampunan ini.

Bulan Ramadan ini punya banyak kelebihan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Biar Ramadan 2018 kali ini bisa lebih baik lagi, yuk kita simak sejumlah keutamaan bulan Ramadan berikut ini. Setelah mengetahui keutamaan dan keistimewaan ini, menjalankan ibadah puasa pun bakal lebih semangat lagi.

1. Ada Malam Seribu Bulan

Lailatul Qadar adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Al Qur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang juga disebut malam seribu bulan ini adalah malam yang mulia. Kita bisa mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Hiasi malam-malam bulan Ramadan kita (khususnya di 10 hari terakhir) dengan lebih banyak beribadah agar bisa mendapatkan malam seribu bulan ini.

2. Bulan Diturunkannya Al Quran

Bulan Ramadan sungguhlah bulan yang mulia. Pada bulan ini, Al Quran diturunkan. Seperti yang disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturnkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda)."

3. Bulan Dikabulkannya Doa-Doa

Manfaatkan bulan Ramadan 2018 kali ini dengan memanjatkan doa-doa dan harapan-harapanmu, ladies. Jalankan ibadah puasa dengan baik, lakukan ibadah wajiba dan sunah, perbanyak bacaan Al Quran. Selain bisa mendapat banyak pahala, di bulan Ramadan ini peluang doa-doa dikabulkan akan lebih besar.

4. Setiap Amal Akan Dilipatgandakan Nilainya

Setiap kebaikan pasti akan diganjar pahala. Khusus di bulan Ramadan, setiap amalan dan ibadah yang kita lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Ditambah lagi ada banyak ibadah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadan seperti salat tarawih dan memberi makan orang yang berbuka puasa, sehingga ada lebih banyak amal dan ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapat pahala berlipatnya.

5. Bulan yang Penuh Berkah

Berkah Ramadan secara garis besar bisa dibagi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Dengan kata lain, setiap harinya selama sebulan penuh selalu ada berkah yang bisa kita dapatkan.

Keistimewaan bulan Ramadan memang benar-benar indah, ya ladies. Semoga kita juga bisa mendapat banyak pahala dan berkah di bulan yang mulia ini.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading