1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Pernak-Pernik Pernikahan Pangeran Harry & Meghan Markle dalam Angka

Jum'at, 18 Mei 2018 13:20 Penulis: Febi Anindyakirana
Serba-serbi pernikahan pernikahan Pangeran Harry & Meghan Markle /copyright Kapanlagi.com

Vemale.com - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan dilakukan tanggal 19 Mei 2018 esok. prosesi pernikahan keduanya akan akan digelar di St George's Chapel yang bertempat di Windsor Castle. Masyarakat dunia, terutama Inggris bersiap menunggu momen bahagia ini.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle kali ini juga menyimpan beragam cerita baik dalam persiapan atau saat pelaksanaannya nanti. Salah satu yang menggelitik adalah angka-angka unik yang muncul di dalamnya. Ada yang bisa menebak terlebih dahulu, angka ini mewakili apa? Yuk simak selengkapnya.

Ilustrasi gelas Champagne/copyright Southernliving

16.000 Gelas Sampanye

Kondangan di kampung saja rata-rata 750 undangan, tentu royal wedding bakal lebih dari itu. Jika ditotal, baik tamu yang diundang masuk ke Kapel, ke resepsi, atau yang sekadar masuk kastil ada sekitar 4.040 tamu. Tentu semuanya bakal merayakannya dengan penuh sukacita, salah satu caranya yang dengan menenggak sampanye.

Jika setiap tamu menghabiskan paling tidak 4 gelas sampanye selama acara berlangsung, maka berarti akan ada sekitar 16.000 gelas sampanye yang akan habis diminum oleh para tamu selama acara berlangsung. Terbanyak betapa sibuknya yang mencuci gelas dan menyajikan sampanyenya ya.

42 Persen

Situs Bridebook mengungkap jika nama Meghan Markle 12 kali lebih banyak dicari ketimbang perdana menteri Inggris Theresa May, hal tersebut juga terungkap ketika kami melakukan perbandingan melalui Google Trends. Bahkan dalam pencapaian tertingginya, nama Meghan pernah dicari di internet 42 persen lebih banyak dibandingkan kata Brexit, dan 32 persen lebih banyak dibandingkan kata Jesus. Sosok Meghan memang bikin kepo netizen ya. Wajar saja sih mengingat ia adalah orang sipil yang berhasil masuk menjadi golongan ningrat keluarga kerajaan Inggris.

Ilustrasi Mata Uang Poundsterling/copyright Techcrunch

24 Juta Poundsterling

Express mengatakan jika 24 juta poundsterling atau Rp. 454 miliar dari uang pajak akan dihabiskan untuk biaya pengamanan Pangeran Harry dan Meghan. Fun factnya, jumlah tersebut lebih besar dari biaya pengamanan Pangeran William dan Kate Middleton yang sebesar 20 juta Poundsterling.

Naiknya biaya pengamanan disebabkan tingginya ancaman terorisme di Inggris, masa lalu Harry yang sempat menjadi militer di Afghanistan, serta tuduhan rasialis kepada Meghan. CNN juga mengatakan jika sebanyak 250 lebih anggota British Armed Forces akan diturunkan untuk mengamankan pernikahan ini.

Coba bandingkan biaya pernikahan anak Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang ‘hanya’ sekitar 2 miliar lebih, itupun sudah mencakup semuanya. Atau kalau mau dibandingkan dengan biaya pernikahan orang Indonesia yang mencapai Rp. 200 juta, maka dari uang tersebut bisa membiayai 2.200 hajatan pernikahan.

500.000 Orang Pengunjung

Dilansir Daily Mail, sebanyak 500.000 orang diperkirakan akan mengunjungi Windsor Castle untuk melihat proses Royal Wedding. Selain 800 orang undangan, sisanya menyebar di luar Windsor castle untuk menanti kedatangan sang pangeran beserta kekasihnya. Jumlah ini adalah jumlah terbesar pengunjung dalam satu hari. Apakah bisa ditampung semua? Royal Collection menyebut kastil ini pernah dikunjungi 1 juta pengunjung pada periode 2011-2012.

Tak hanya itu, diperkirakan pula sekitar 24 juta orang di seluruh Inggris akan melihat prosesi Royal Wedding. Jumlah tersebut adalah sekitar 39,4 persen dari jumlah penduduk inggris Raya yang sebanyak 60.800.000 jiwa.

Ilustrasi Bar/copyright TripAdvisor

52.750 Bar

Itu adalah jumlah bar di Inggris yang bakal menambah jam buka hingga pukul 1 pagi demi perayaan Royal Wedding. Jika paling tidak ada 20 orang per bar menikmati 2 gelas bir, maka lebih dari 2 juta gelas bir akan dinikmati pada momen bahagia tersebut, karena acara pernikahan tersebut juga berbarengan pula dengan final FA Cup antara Chelsea dan Manchester United, yang juga tak akan dilewatkan begitu saja oleh rakyat Inggris.

1.000 Staff

Dengan hajatan yang dimulai dari jam 9 pagi sampai tengah malam, tentu royal wedding Pangeran Harry dan Meghan butuh pekerja yang tidak sedikit. Semua demi lancarnya setiap aspek pendukung acaranya. Dilansir Bridebook, ada kurang lebih 1000 orang yang bekerja dalam pernikahan tersebut. Sebanyak 500 orang yang memang sudah bekerja di Windsor Castle, dan tambahan 500 pekerja freelance lainnya yang akan sangat sibuk pada hari H pernikahan.

Ilustrasi Kantung Sampah/copyright Giantbomb

200.000 Kantung Sampah

Lebih dari 200.000 kantung sampah dengan berat sekitar 2500 ton dihasilkan dari pernikahan ini. Jumlah tersebut berasal dari pesta-pesta rakyat Inggris di jalanan atau pub di seluruh Inggris. Jumlah ini sendiri sekitar 0,0108 persen saja dari data sampah tahunan Inggris raya pada tahun 2016/2017 sebesar 23 juta ton (data diambil dari statista.com).

3.300.000 Halaman Internet

Daily Mail mengungkap jika setidaknya sudah ada 3,3 juta halaman internet yang membahas tentang Royal Wedding. Hashtag #RoyalWedding di Twitter pun sudah digunakan sebanyak 730.000 kali, serta 1.200 tweet menggunakan hashtag tersebut setiap harinya. Instagram pun memiliki 460 hashtag untuk Royal Wedding. Apakah Klovers menjadi salah satu penyumbang viralnya hastag atau keyword tersebut?

Windsor Castle/copyright by Wikipedia

3 kilometer

Pangeran Harry & Meghan Markle akan menempuh rute sejauh 3 km sebelum masuk Windsor Castle. Rute keduanya lebih tepatnya sejauh 3,35 km (2,08 miles). Kalau harus berjalan kaki tentu keduanya bakal kelelahan atau pingsan ketika sampai tujuan. Maka dari itu, telah disiapkan kereta kencana untuk keduanya. Pangeran William dan Kate Middleton menaiki kereta kencana sebelum memasuki kapel pada pernikahan mereka tahun 2011 lalu.

Infografis Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle/copyright Kapanlagi

5.000 Bayi

Royal Wedding benar-benar memberikan dampak yang sangat luas di Inggris. Bridebook memprediksi jika nama Meghan akan masuk urutan teratas nama yang akan diberikan orangtua kepada bayinya. Diprediksi nama Meghan akan menggeser nama Olivia dan diperkirakan 5.000 akan diberi nama tersebut. Survey dari Emma’s Diary ungkap jika nama Meghan sudah masuk top 20 nama yang akan diberikan kepada bayi oleh orangtuanya di musim semi 2018 ini.

Wah, bisa dibilang sangat mewah dan megah ya ladies. Tentu saja, ini bukan momen bahagia yang sederhana untuk keduanya, tapi jadi momen bersejarah untuk masyarakat Inggris. 

Sumber:Kapanlagi.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
8 Kejutan yang Bakal Bikin Kamu Bakal Puas Nonton FANTASTIC BEASTS THE CRIMES OF GRINDELWALD