1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

5 Museum di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Jum'at, 18 Mei 2018 12:35 Penulis: Ayu Puji Lestari
Museum/copyright arie saksono

Vemale.com - Ladies, hari ini (18 Mei) diperingati sebagai Hari Museum Internasional. Hanya siapa di sini yang hobi berkunjung ke Museum? Jika selama ini kamu menganggap museum identik dengan sesuatu yang klasik dan kuno, sebaiknya ubah anggapan itu. Berkunjung ke museum akan menambah pengetahuan kamu.

Tidak selamanya Museum selalu membosankan. Beberapa Museum di Indonesia ini akan memberikan pengalaman yang berbeda buat kamu. Berikut ini adalah 5 Museum yang wajib kamu kunjungi.

Museum Nasional

Museum yang sudah eksis sejak zaman Belanda. Museum yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, ini menyimpan banyak koleksi. Museum ini sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk Jakarta. Mereka menyebutnya “Gedung Gajah” atau “Museum Gajah” karena di halaman depan museum terdapat sebuah patung gajah perunggu hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang kala disebut juga “Gedung Arca” karena di dalam gedung memang banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.

Nah, jika kamu sedang bermain di Jakarta jangan lupa berkunjung ke Museum Nasional. Kamu dapat berkunjung ke Museum Nasional dengan mamanfaatkan “Jakarta City Tour” yaitu transportasi gratis yang digunakan untuk menjelajah wisata sejarah, kuliner, dan belanja. Salah satu rutenya akan berhenti di Museum Nasional.

House of Sampoerna

Salah satu Museum yang dikelola perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Museum yang terletak di Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Surabaya ini menawarkan pengalaman yang benar-benar unik bagi pengunjung. Dari cerita tentang keluarga pendiri sampai melihat dari dekat proses penggulungan rokok yang masih dilakukan secara manual.

Serunya lagi, jika kamu berkunjung ke House of Sampoerna kamu dapat mengikuti tur dengan menggunakan Bus atau biasa disebut dengan Surabaya Heritage Track untuk mengunjungi tempat bersejarah di wilayah Surabaya. Mulai dai Keraton Surabaya, Tugu Pahlawan hingga Gedung Kesenian Cak Durasim.

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

Di dalam Museum Geologi dikelola materi geologi yang melimpah. Tidak salah jika museum ini menjadi rujukan bagi peneliti untuk mengetahui seharah geologis di Indonesia. Museum Geologi terbagi menjadi 3 ruangan yang meliputi Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, serta Geologi dan Kehidupan Manusia. Sedangkan untuk koleksi dokumentasi, tersedia sarana penyimpan koleksi yang lebih memadai. Diharapkan pengelolaan contoh koleksi di Museum Geologi akan dapat lebih mudah diakses oleh pengguna baik peneliti maupun grup industri.

Museum Ambarawa

Bagi penggemar moda transportasi kereta wajib berkunjung ke Museum Ambarawa. Berada di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa, Panjang, Ambarawa, Semarang, di Museum ini kamu akan melihat beberapa koleksi kereta uap yang ada di Indonesia. Serunya saat berkunjung di museum ini kamu memiliki kesempatan untuk menaiki kereta uap. Nah, kapan lagi naik kereta uap? Yuk, kunjungi Museum Ambarawa dan nikmati sensai naik kereta uap.

Museum Ullen Sentalu

Sebagai pecinta seni kamu wajib berkunjung ke museum yang terletak di Yogyakarta ini. Sebagai museum terbaik di Indonesia, Ullen Sentalu memiliki misi untuk mengenalkan peradaban seni dan budaya Jawa. Di dalam Museum Ullen Sentalu jangan harap kamu menemukan label yang menjelaskan koleksinya, namun museum ini mengandalkan tour guide untuk menjelaskan segala sesuatu yang ada di sana.

Nah, ladies demikian 5 museum yang wajib kamu kunjungi. Adakah salah satunya favorit kamu? Atau ada rekomendasi museum yang lain? Share yuk di kolom komentar dan selamat Hari Museum Internasional.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Hot News
  2. Travel
Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!