Sukses

Lifestyle

Tips Menjadi Admin Medsos Agar Cerita Admin Twitter Jokowi Tak Terulang

Malang nian nasib admin akun Twitter Presiden Joko Widodo. Keteledorannya dalam menangani akun pria nomor satu di Indonesia itu membuatnya kehilangan pekerjaan.

Apa yang dilakukan sang admin (administrator) memang terbilang cukup fatal. Dia membalas cuitan soal tentang Senbatsu Uza pada Rabu (16/5) sore. Dikutip dari merdeka.com, akun @jokowi merespons postingan Twitter @Bebbyers tentang episode terbaru dari #Cerit48ebyOshi yang ke-15.

"Wuooohh mantab! Jadi teringat deg2annya di momen Senbatsu Uza pekan lalu," demikian bunyi cuitan akun Twitter Jokowi.

Twitter Joko Widodo/Twitter

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin membenarkan akun Twitter Kepala Negara memposting tentang Senbatsu Uza. Namun tak berselang lama, postingan tersebut dihapus.

"Akun Twitter Presiden pada pukul 15.24 WIB mengunggah cuitan singkat namun segera dihapus tak lama setelah diunggah," kata Bey pada merdeka.com.

Menurut Bey, yang memunggah pesan tersebut adalah salah satu admin pengelola Twitter Jokowi. Saat ini, yang bersangkutan sudah dibebastugaskan karena kecerobohannya.

Pekerjaan menjadi admin memang sudah menjadi hal yang jamak saat ini. Menurut Adnan Syafii selaku Digital Marketing Enthusiast, sebuah brand juga susah-susah gampang mencari sosok yang bisa menelurkan produknya dalam dunia media sosial.

"Mencari social media admin yang berkualitas ibarat mencari pasangan idaman; susah-susah gampang. Jika Anda berhasil menemukannya, syukuri; jika belum berhasil, teruslah mencari," ujar Adnan dalam artikelnya di LinkedIn.

Adnan melanjutkan bahwa posisi admin media sosial sangat strategis bagi perusahaan. Sebab, ia berhubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Apabila kinerjanya bagus, admin media sosial memiliki peran dalam meningkatkan image positif tentang perusahaan.

"Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa admin media sosial memiliki peran dalam proses branding. Oleh karena itu, pemilihan social media admin tidak boleh sembarangan," terangnya lagi.

Secara keseluruhan, ada lima tips yang dibagikannya agar sebuah brand dan admin bisa cocok satu sama lain, yaitu:

1. Kemampuan mengenali karakter brand dan mengejawantahkan karakter tersebut dalam bentuk konten media sosial.
2. Kemampuan berkomunikasi via tulisan dengan pelanggan dan calon pelanggan dengan berpegang teguh pada karakter yang dimiliki brand.
3. Memiliki sifat-sifat baik, seperti jujur, dan kepedulian yang tinggi.
4. Kesadaran yang tinggi bahwa tindak tanduknya sebagai admin media sosial bisa memengaruhi brand.
5. Ketekunan untuk mempelajari hal-hal baru yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas kerja.

Nah dengan penjelasan di atas, semoga keteledoran yang terjadi tidak terulang lagi. Kami maklumi bahwa itu adalah tindakan yang manusiawi, namun memang apa yang diwakili si admin Twitter Jokowi adalah sosok penting di negara ini.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading