Sukses

Lifestyle

9 Manfaat Teknologi untuk Menyambut Puasa Ramadan 2018

Ladies, jadwa puasa ramadan 2018 akan ditentukan hari ini melalui sidang isbat. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar, maka momen ramadan adalah momen untuk intropeksi diri. Lalu apa yang perlu kamu lakukan untuk menyambut bulan penuh berkah ini?

Seperti yang dilansir dari thinkwithgoogle.com, Asian Consumer Intelligence melakukan survei kepada 500 responden dan menambahkan sekitar 40 orang dari Indonesia dan Malaysia untuk mengetahui apa saja yang dilakukan selama puasa. Hasilnya cukup menarik, nyatanya teknologi membantu Muslim modern menggabungkan kontrol diri dan ketekunan yang diperlukan selama ramadan dengan kehidupan sehari-hari selama puasa.

Ladies, berikut ini adalah 9 manfaat teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh umat muslim selama ramadan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Akses Terhadap Informasi Keagamaan

Teknologi dapat membantu orang mengakses Al-Quran dengan lebih mudah. Faktanya dibanding tahun lalu, terdapat peningkatan sebesar 45% terhadap akses penelusuran terkait dengan agama.

Di Indonesia sendiri, peningkatan ini terjadi dua minggu sebelum ramadan yang berlanjut selama satu bulan. Puncaknya pada seminggu sebelum Idul Fitri.

2. Sebagai Acuan untuk Waktu Ibadah

Sebanyak 61% orang Indonesia menggunakan aplikasi atau situs web untuk mengetahui waktu ibadah. Seperti yang diketahui, saat ramadan dan saat datang waktu sholat bisa jadi kamu masih di jalan, sehingga tidak mengetahui dengan pasti waktu untuk beribadah.

3. Memudahkan Cara untuk Beramal Kepada Sesama

Di Indonesia, pertanyaan terkait zakat banyak dicari. Untuk itulah, dengan kehadiran teknologi maka masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan teknologi kamu dapat mengetahui tata cara yang tepat untuk beramal.

4. Sebagai Penyedia Konten Video Ceramah Keagamaan

Saat ramadan, pencarian YouTube meningkat sebanyak 40%. Masih dari hasil survei yang sama, saat ramadan maka pengguna internet lebih banyak mencari konten video yang berisi tentang keagamaan. Ceramah dari para ustadz yang dilihat melalui video akan membuat ramadan menjadi lebih menyejukkan.

5. Penyedia Ide Menu Buka Puasa dan Sahur

Momen ramadan adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Maka tidak heran jika selama ramadan, pencarian tentang menu buka puasa dan sahur banyak dicari. Nah, untuk ini kamu tidak perlu khawatir cukup cek vemale.com ya, karena setiap harinya akan ada resep baru yang dapat kamu coba.

6. Membantu Kamu untuk Menemukan Hadiah Terbaik

Selain buka bersama, ada satu hal yang selalu dinantikan saat ramadan yaitu diterimanya THR. Nah, banyak orang memanfaatkan THR untuk membelikan hadiah bagi orang-orang terdekatnya. Dengan teknologi belanja hadiah untuk mereka akan jauh lebih mudah.

7. Ide Fashion Terbaru

Masih seperti manfaat sebelumnya, teknologi akan membantu kamu untuk mengetahui fashion terbaru. Bagaimana trend busana muslim dan lain sebagainya. Well, banyak orang masih menganggap penting memakai baju baru saat lebaran.

8. Cara Terbaik untuk Mendapatkan Tiket Mudik

Mudik bagi masyarakat Indonesia bukan hanya rutinitas muslim saja, tapi hampir semua agama. Maka tidak mengherankan penjualan tiket saat menjelang musim lebaran semakin meningkat. Well, untuk itulah dengan teknologi semua masalah mudik dapat teratasi dengan lebih mudah.

9. Tetap Terhubung Meskipun Jarak Memisahkan

Ketika orang Indonesia melakukan perjalanan pulang ke rumah, sering ke daerah pedesaan yang memiliki akses seluler yang jarang atau terbatas. Nah, dengan adanya teknologi ini kamu dan orang-orang terdekat terhubung meskipun jarak memisahkan.

Ladies, demikian 9 manfaat yang dapat kamu peroleh dari teknologi dan bagaimana akhirnya teknologi menjadi sangat penting saat ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading