1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

9 Waktu Utama Berdoa, Tingkatkan Peluang Doamu Diterima di Ramadan 2018

Sabtu, 12 Mei 2018 13:00 Penulis: Endah Wijayanti
Waktu utama berdoa./Copyright shutterstock.com

Vemale.com - Bulan Ramadan 2018  jelas bulan yang istimewa. Ada banyak kesempatan untuk mendapat pahala, berkah, dan hikmahnya. Di bulan yang suci ini pun, kita bisa lebih banyak berdoa dan mendapat prioritas semua harapan dan keinginan kita dikabulkan.

Pada dasarnya doa bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tapi tahukah kalau ada waktu-waktu tertentu yang mendapat prioritas doa kita diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT? Seperti yang dikutip dari buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada sembilan waktu utama berdoa. Selengkapnya, yuk kita simak di sini.

1. Waktu antara azan dan iqamat

Manfaat waktu antara azan dan iqamat untuk memanjatkan doa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak akan ditolak, suatu doa yang dipanjatkan antara waktu azan dan iqamat.” (HR. Tirmidzi).

2. Menjelang waktu salat dan sesudahnya

Setelah salat, panjatkan doa-doamu. Di bulan Ramadan 2018, kondisikan lagi jadwal dan rutinitasmu agar bisa salat fardhu tepat waktu dan memperbanyak doa menjelang waktu salat dan sesudah salat. Ath-Thabary menginformasikan bahwa Ja’far Ash-Shadiq berkata, “Berdoa sesudah salat fardhu lebih utama daripada berdoa setelah salat sunnah.”

3. Waktu sepertiga malam terakhir dan sesudah salat wajib

Selama Ramadan 2018, selain menunaikan ibadah puasa, malam harinya manfaatkan waktunya untuk memanjatkan semua doa dan harapan kita. Sepertiga malam terakhir jadi salah satu waktu utama berdoa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tuhan turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir. Dan berfirmanlah Dia, “Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku perkenankan doanya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berdoa./Copyright shutterstock.com

4. Sepanjang hari Jumat

5. Waktu antara Zuhur dan Ashar, serta antara Ashar dan Maghrib

6. Ketika menamatkan membaca Al-Quran 30 juz

7. Ketika sujud

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Saat paling dekat antara hamba dan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa pada saat itu.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’I dari Abu Hurairah ra.)

8. Kala melakukan tawaf (mengelilingi Ka’bah)

9. Saat turun hujan

Waktu turun hujan, panjatkanlah doamu. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Berdoalah pada waktu doa-doa itu diperkenankan Tuhan, yakni pada saat berjumpa dengan pasukan musuh, ketika akan melaksanakan salat, dan ketika turun hujan.” (HR. Asy-Syafi’i)

Itu tadi sembilan waktu utama berdoa. Tapi selama bulan Ramadan 2018 ini, kita bisa berdoa kapan saja. Isi hari-harimu dengan berbagai doa baik agar bulan puasa kali ini bisa lebih banyak berkah dan pahalanya. Tetap semangat, ya ladies!

(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Kensington Palace Umumkan Kehamilan Meghan Markle