Sukses

Lifestyle

Keutamaan dan Hikmah Sahur, Yuk Pahami Biar Ramadan 2018 Banyak Berkahnya

Bulan Ramadan 2018 kali ini jelas harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau mungkin di bulan Ramadan yang lalu kita sering melewatkan waktu sahur, kali ini jangan sampai melewatkannya lagi ya. Soalnya sahur memiliki keutamaan dan hikmah tersendiri.

Makan sahur adalah salah satu ciri puasa orang Islam. Waktu sahur ini adalah mulai dari pertengahan malam sampai terbitnya wajar. Seperti yang dikutip dari buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa, ada dua keutamaan dalam makan sahur dan dua hikmahnya. Selengkapnya, langsung kita bahas di sini ya.

Dua Keutamaan Makan Sahur

1. Mendatangkan rahmat
Makan sahur bisa memberi kita rahmat. Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Allah dan malaikat-Nya memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada orang-orang yang sahur.”
(HR. Thabrani dan Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra.)

2. Mengandung berkah
Agar Ramadan 2018 kali ini bisa mendapat banyak berkah, jangan sampai meninggalkan sahur ya.
Anas bin Malik ra. Mengatakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sahurlah kamu sekalian, karena di dalam sahur itu ada berkahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik ra.)

Dua Hikmah Makan Sahur

Bagi sebagian orang, bangun untuk makan sahur sangatlah berat. Meski begitu, demi mendapat banyak berkah dan hikmahnya di Ramadan 2018 kali ini kita kuatkan niat untuk bisa makan sahur.

1. Mendapat pahala
Anjuran makan sahur ini juga jadi cara Allah SWT menguji ketakwaan kita kepada-Nya. Kita diuji sejauh mana kita mengikuti sunah Rasulullah SAW. Bila kita mengikuti sunah Rasul, maka pahala bisa kita dapatkan.

2. Menjaga kesehatan tubuh
Makan dan minum saat sahur bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 2018 juga membutuhkan tubuh yang fit dan bugar. Makan sahur pun tak hanya memberi kita pahala tapi juga hikmah tubuh yang sehat.

Yuk, lebih semangat lagi menunaikan puasa di Ramadan 2018 kali ini. Selama punya niat yang kuat kita pasti bisa mendapat banyak berkah selama menjalankan ibadah puasa. Makan sahur pun jangan sampai dilewatkan ya.

 

                                      

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading