Sukses

Lifestyle

Masalah Seputar Puasa 2018: Boleh Nggak Sih Sikat Gigi Saat Berpuasa?

Ini nih masalah seputar puasa yang masih sering bikin bingung. Saat berpuasa, boleh nggak sih sikat gigi? Agar ibadah puasa 2018 kali ini bisa lebih lancar, yuk kita cari jawaban soal masalah tersebut.

Sebagian dari kita mungkin masih bingung soal boleh tidaknya menggosok gigi pada saat puasa. Mungkin kita juga masih ragu-ragu untuk menggosok gigi pada siang dan sore hari saat puasa di bulan Ramadan. Biasanya keraguan ini muncul karena kita was-was atau takut ada pasta gigi atau air yang tertelan saat menggosok gigi.

Sikat gigi saat puasa, bolehkah?/Copyright pixabay.com/publicdomainpictures

Seperti yang dikutip dari buku The Miracle of Fast, kalau kita merujuk pada hadis Rasulullah saw., sebenarnya tidak ada hadis yang melarang untuk menggosok gigi saat berpuasa. Berikut bunyi hadisnya:

"Saya melihat Nabi Muhammad saw., menggosok gigi sedangkan beliau berpuasa, yang tidak dapat saya hitung atau bilangkan."
(HR. Bukhari dari Amri bin Rabi'ah)

Berdasarkan hadis tersebut diketahui bahwa Rasulullah pun pernah menggosok giginya dalam keadaan berpuasa. Untuk masalah yang satu ini sudah jelas, ya. Jadi nggak perlu bingung lagi agar bisa lebih khusyuk untuk sebulan penuh puasa 2018 kali ini.

Hanya saja akan lebih dianjurkan agar gosok gigi dilakukan setelah sahur sebelum azan subuh berkumandang. Cara ini pastinya lebih aman karena kita melakukannya saat belum puasa.

Kalaupun mau menggosok gigi pada siang hari saat sedang berpuasa, kita harus ekstra hati-hati. Jangan sampai ada air atau pasta gigi yang tertelan. Atau untuk lebih amannya lagi, gosok gigi dilakukan tanpa menggunakan pasta gigi.

Semoga bulan puasa 2018 kali ini semuanya berjalan lancar, ya ladies. Dapat pahala dari ibadah yang kita lakukan, serta dapat banyak berkah dari berbagai manfaat positif puasa yang kita lakukan.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading