Sukses

Lifestyle

Perbaikan Pipa Sederhana yang Harus Diketahui Ibu Rumah Tangga

Lagi asyik masak atau mencuci piring, tiba-tiba wastafel di dapur menunjukkan tanda-tanda bermasalah. Entah itu salurannya tersumbat atau malah kebocoran pipa yang cukup parah. Bingung pasti dirasakan oleh para ibu di rumah karena hal ini dapat menghambat pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Duh, harus gimana nih?

Ladies, sekarang waktunya membekali diri dengan keterampilan sederhana memperbaiki pipa yang bisa jadi pertolongan pertama saat kondisi darurat di rumah. Cari tahu di sini, yuk!

Siram dengan Air Mendidih

Bila menggunakan pipa besi untuk saluran pembuangan, boleh dicoba untuk menyiramkan air mendidih pada tempat yang tersumbat. Diharapkan, air panas tersebut bisa melunturkan lemak atau kotoran yang menyumbat bagian pipa. Tapi jangan gunakan metode ini kalau menggunakan pipa PVC, ya.

Larutan Garam

Larutkan setengah kilogram garam dapur dengan 5 liter air panas. Tunggu beberapa menit hingga garam larut dengan air. Secara perlahan, tuangkan larutan tersebut pada saluran yang tersumbat dan biarkan selama tiga jam. Kemudian guyur dengan air. Bila sudah lancar, berarti larutan garam tadi bekerja efektif menghilangkan sumbatan.

Plunger

Plunger, berupa perlengkapan sedot yang terdiri dari tongkat dan karet penyedot, bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi sumbatan. Sebelum memulai metode ini, habiskan dulu air yang ada di wastafel. Setelah itu letakkan plunger di lubang saluran dan pompa berulang kali. Plunger paling efektif untuk sumbatan yang diakibatkan oleh benda padat atau keras.

Soda Api

Soda api dipercaya oleh banyak orang untuk mengatasi sumbatan pada wastafel. Tapi sebelum memulainya, lindungi bagian mata, mulut dan kulit, serta buka pintu atau jendela terdekat. Setelah semuanya siap, masukkan soda api yang bisa dibeli di toko-toko bangunan, kemudian siram dengan air panas. Akan terdengar bunyi menggelegak yang berarti bahwa soda api sedang bereaksi. Biarkan selama beberapa menit sebelum menyiramkan air untuk memeriksa apakah sumbatan sudah teratasi atau belum. Bila sumbatan masih terjadi, ulangi lagi metode ini.

Kabel Auger

Kabel auger sangat efektif untuk menghadapi sumbatan pada pipa. Hanya saja, perlu kerja yang lebih keras untuk melakukannya. Pastikan panjang kabel sesuai dengan panjang saluran pipa. Kemudian masukkan ujung kabel ke saluran yang tersumbat. Lakukan gerakan-gerakan dorong dan tarik, secara berulang-ulang untuk menghancurkan kotoran atau lemak yang menyumbat.

Pipa tersumbat memang bisa terjadi kapan saja, tapi keluarga Indonesia bisa meminimalisirnya dengan memilih pipa terbaik untuk saluran pembuangan air di rumah. Rucika adalah solusi untuk pipa air yang ekonomis, ringan, tapi kuat dan tahan lama.

Untuk jaringan sistem perpipaan air buangan, gunakan Rucika Standard. Dibuat dari bahan uPVC (unPlastized Polyvinyl Chloride) Rucika Standard punya banyak kelebihan, seperti tanpa timbale, tahan korosi, kuat, ringan, serta mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Tak hanya itu, Rucika Standard juga diproduksi dengan menggunakan standar JIS dan ISO, Ladies.

Selain itu, Rucika Standard juga mudah didapatkan karena banyak toko yang jual pipa PVC ini. Harga pipa yang lebih ekonomis pasti juga membuat banyak rumah tangga di Indonesia memiliki Rucika Standard. Info lengkap klik di sini.

(vem/xpi/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading