Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Liburan

Tak terasa, sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia memasuki bulan puasa. Setelah itu, datanglah saat yang ditunggu-tunggu, mudik untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan sanak saudara di sana.

Namun sebelum pergi berlibur, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal saat meninggalkan rumah. Tujuannya supaya Ladies dan keluarga bisa mudik dengan tenang, tanpa khawatir akan hal-hal buruk yang bisa terjadi pada rumah yang ditinggalkan. Cari tahu di sini, yuk!

Periksa Kompor Gas

Hal pertama yang paling penting adalah memeriksa bagian dapur. Pastikan aliran gas dari kompor sudah mati. Agar lebih yakin, tidak ada salahnya mencabut regulator dari tabung gas untuk menjamin keamanan rumah dari kebocoran gas.

Keamanan Rumah

Sebelum melangkah lebih jauh, periksa bagian-bagian rumah yang bisa dibuka, seperti jendela, pintu, dan garasi. Pastikan semuanya sudah dalam keadaan terkunci dan tidak terlihat dari luar.

Benda-Benda yang Dialiri Listrik

Jangan biarkan ada kabel yang tersambung dengan stop kontak. Lakukan pemeriksaan pada pendingin ruangan, setrika, televisi, penanak nasi, penghangat air, dan benda-benda elektronik lain yang menggunakan tenaga listrik. Lakukan pemeriksaan dua-tiga kali untuk memastikan semua kabel telah tercabut dari stop kontak.

Siram Tanaman

Bila memelihara tanaman, rawatlah terlebih dahulu sebelum meninggalkan rumah. Keluarkan tanaman-tanaman dari dalam rumah ke tempat yang teduh namun cukup cahaya. Jangan lupa siram tanaman beberapa saat sebelum pergi mudik agar bunga kesayanganmu memiliki energy cadangan saat ditinggal mudik.

Saluran Pengairan

Tutuplah keran-keran air serapat mungkin, hingga nggak ada lagi tetesan, Ladies. Buang juga sisa-sisa makanan ke tempat sampah. Membiarkan lemak dan minyak terbilas bersama air ke dalam saluran pembuangan bisa menimbulkan masalah baru sepulang liburan. Minyak yang mengering bakal menyumbat pipa air sehingga mampet dan perlu perbaikan.

Untuk membuat saluran perairan yang maksimal, jangan lupa pilih juga pipa air yang tepat seperti RUCIKA Standard yang dikenal memiliki beragam produk pipa PVC dan pipa HDPE berkualitas. RUCIKA Standard merupakan pilihan yang tepat untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan yang terbuat dari uPVC. Kabarnya, material ini memiliki banyak kelebihan seperti adanya calcium zinc (tanpa timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam penyambungan serta pemeliharaan.

Kalau pakai RUCIKA di rumah, perjalan mudik nggak lagi was-was deh. Info selengkapnya klik di sini ya, Ladies.

 

(vem/eth/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading