Sukses

Lifestyle

3 Sunah Puasa yang Bisa Dilakukan Agar Ramadan 2018 Lebih Bermakna

Untuk menyempurnakan puasa di bulan Ramadan 2018 kali ini, yuk kita perbanyak amalan-amalan sunahnya. Selain ibadah-ibadah wajib, ada berbagai amalan sunah yang bisa kita tunaikan untuk menyempurnakan puasa kita.

Dalam buku The Miracle of Fast, H. Amirulloh Syarbini, M. Ag. menyampaikan ada tiga sunah puasa yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan puasa kita. Dengan melakukan perbuatan-perbuatan sunah ini diharapkan puasa kita selama sebulan penuh di Ramadan 2018 bisa lebih bermakna.

1. Menyegerakan berbuka

Yang dimaksud menyegerakan ini bukan berarti mendahului azan Maghrib, ya. Melainkan menyegerakan berbuka puasa apabila telah tiba waktunya. Bila kita sudah mendengar seruan muazin, maka kita perlu segera berbuka.

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu ‘Umar, di mana ia bercerita, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah saw., bersabda:
“Apabila malam telah datang, siang telah berlalu dan matahari telah terbenam, maka orang yang berpuasa pun segera berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kita bisa berbuka lebih dahulu dengan sedikit makanan setelah mendengar azan Maghrib, baru salat Maghrib, kemudian bisa lanjut menyempurnakan makanan berbuka. Disunahkan juga untuk berbuka dengan yang manis-manis seperti kurma karena kurma mampu mempertajam pandangan. Kalau tidak ada kurma, kita bisa berbuka dengan seteguk air putih. Ramadan 2018 kali ini bisa jadi lebih baik bila kita bisa mengatur pola makan kita dengan seimbang.

2. Mengakhirkan sahur

Rasulullah mencontohkan berbuka ketika hampir subuh. Antara waktu beliau selesai dari bersahur dengan salat Subuh, hanya sekadar selesai membaca 50 ayat Al-Quran saja. Sahur ini sangat dianjurkan bagi orang yang akan berpuasa. Karena dalam sahur terdapat banyak berkah.

Rasulullah bersabda, “Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bershalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur).”

Kalau berbuka perlu disegerakan, sahur dianjurkan untuk diakhirkan. Dalam sahur, seperti yang diungkapkan Ibnu Hajar Al-Astqalani, ada ganjaran dan pahala. Berkah karena sahur bisa menguatkan dan menambah semangat puasa. Selain itu, waktu sahur adalah waktu dijabahnya semua doa. Jadi selama Ramadan 2018 kali ini usahakan untuk selalu sahur, ya ladies.

3. Memperbanyak perbuatan baik

Perbuatan baik di sini bisa meliputi memperbanyak zikir, doa, membaca Al-Quran, dan bersedekah. Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa. Bahkan waktu berpuasa adalah waktu dijabahnya semua doa.

Rasulullah saw., bersabda:
“Ada tiga golongan yang doanya tidak akan ditolak, yaitu; orang  yang berpuasa sehingga berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang dizalimi.” (HR. Tirmidzi)

Selama puasa di bulan Ramadan 2018 kali ini manfaatkan setiap waktunya dengan melakukan banyak perbuatan baik. Jangan malas-malasan, ya. Manfaatkan waktu sebulan penuh kali ini untuk mendapat lebih banyak berkah dan pahala.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading