Sukses

Lifestyle

Pahami 8 Hal yang Membatalkan Puasa Agar Ramadan 2018 Lebih Baik Lagi

Siapa nih yang semangat agar Ramadan 2018 bisa jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya? Pastinya kita ingin agar di bulan Ramadan kali ini kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk. Biar makin khusyuk, penting juga untuk memahami kembali hal-hal yang membatalkan puasa.

H. Amirulloh Syarbini, M. Ag., melalui bukunya The Miracle of Fast menuliskan ada 8 hal yang membatalkan puasa. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan pada puasa 2018 ini tidak ada lagi puasa yang sia-sia. Dan kita bisa menunaikan ibadah puasa dengan sah. Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

1. Makan dan minum dengan sengaja

Nah, ini jelas ya. Makan dan minum dengan sengaja itu akan membatalkan puasa. Tapi kalau makan dan minum dalam keadaan lupa atau tidak sengaja, puasanya tidak batal, dengan syarat kita langsung berhenti makan dan minum begitu kita ingat, dengan begitu kita bisa melanjutkan puasa kita.

2. Bersetubuh di siang hari

Bersetubuh atau berhubungan suami istri di siang hari dalam keadaan puasa, maka batallah puasanya. Kalau puasanya adalah puasa Ramadan, maka wajib untuk mengganti puasa tersebut. Tapi kalau hubungan suami istri dilakukan pada malam hari (sudah berbuka) maka tidak akan merusak puasa.

3. Muntah dengan sengaja

Muntah yang sengaja di sini maksudnya dengan sadar dan sengaja mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Sedangkan kalau tidak sengaja muntah (sama sekali tak ada niatan untuk muntah), maka tidak membatalkan puasa.

4. Memakan selain makanan biasa

Memasukkan sesuatu ke dalam mulut, baik mengenyangkan atau tidak (seperti dengan sengaja menelan batu kecil, potongan kulit, adonan terigu, obat-obatan, atau pil), juga bisa membatalkan puasa. Jadi di Ramadan 2018 kali ini, untuk amannya memang jangan menelan apapun saat sedang puasa ya ladies.

5. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Pria yang mengeluarkan air mani dengan sengaja, puasanya bisa batal dan wajib untuk mengganti (qadha) puasanya.

6. Haid dan nifas               

Wanita yang kedatangan atau sedang haid, puasanya akan batal. Sekalipun haid datang di akhir siang atau menjelang waktu berbuka puasa, maka batallah puasanya. Wanita yang kedatangan nifas pun, puasanya batal.

7. Berniat berbuka puasa

Secara sengaja memiliki niat untuk berbuka puasa padahal belum masuk waktu buka, maka puasanya bisa batal. Bahkan sekalipun itu hanya niat dan belum makan atau minum apapun, puasa bisa batal. Kenapa? Karena niat adalah rukun puasa. Penting sekali untuk menjaga niat puasa selama Ramadan 2018 kali ini agar puasa kita sebulan penuh tetap sah.

8. Murtad (keluar) dari Islam

Seseorang yang tadinya muslim lalu murtad atau keluar dari Islam secara sadar dan sengaja, maka puasanya batal.

Semoga puasa kita sebulan penuh di Ramadan 2018 kali ini bisa jauh lebih baik dari sebelumnya, ya ladies. Kita jalankan dengan niat beribadah agar kita mendapatkan keberkahannnya. Tetap semangat, oke!

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading