Sukses

Lifestyle

Menurut Budaya Jawa, Ini Mitos-Mitos yang Masih Dipercaya Hingga Kini

Sejauh ini, kebanyakan masyarakat Jawa masih percaya dengan beberapa pertanda atau kejadian-kejadian di alam sekitar yang berhubungan dengan perkara ghaib. Beberapa juga begitu percaya dengan mitos-mitos yang telah tersebar luas di masyarakat sejak jaman dulu dan membekas hingga sekarang.

Memang, tidak sedikit orang yang kini sudah melupakan mitos dan tidak mempercayainya. Beberapa yang lain juga mengatakan jika mitos ini dianggap suatu yang magis dan suatu hal yang musryik. Terlepas dari magis tidaknya, musryik tidaknya, benar atau tidaknya mitos ini, sampai kini masih ada beberapa mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat Jawa.

Mitos-mitos yang masih dipercaya dan dianggap sebagai pertanda tertentu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Burung Pipit Berkicau Terus Menerus
Burung pipit disebut juga sebagai burung prenjak. Jika burung ini berkicau secara terus menerus di halaman atau sekitar rumah, ini pertanda akan ada tamu datang. Orang jaman dulu mengungkapkan jika burung pipit bertengger di kanan rumah, maka tamu akan membawa kabar baik. Tapi jika burung pipit bertengger di kiri rumah, tamu yang datang akan membawa kabar buruk.

2. Kupu-Kupu Masuk Rumah
Pernah mendapati kupu-kupu masuk rumah? Beberapa orang Jawa percaya jika ada kupu-kupu masuk ke rumah maka rumah tersebut akan kedatangan tamu. Tamu ini bisa keluarga, kerabat, sahabat atau orang terdekat.

3. Burung Gagak di Atas Rumah
Selama ini, burung gagak sering dikaitkan dengan hal-hal mistis. Termasuk ketika ada burung gagak yang terbang atau berputar-putar di atas rumah atau sekedar bertengger di pekarangan, ini bisa menjadi tanda bahwa salah seorang penghuni rumah akan sakit parah atau bahkan meninggal dunia.

4. Ayam Jantan Berkokok di Sore & Malam Hari
Orang tua jaman dulu mempercayai jika ada ayam berkokok di sore atau malam hari akan datang wabah penyakit. Tidak sedikit yang percaya ini menandakan akan adanya wanita di lingkungan tersebut yang hamil di luar nikah. Tapi, setiap daerah di Jawa umumnya memiliki tanda yang tak sama. Di beberapa daerah, ayam berkokok ini menandakan akan adanya pencurian/perampokan.

5. Menabrak Kucing akan Celaka
Ketika berkendara dan tiba-tiba menabrak kucing, ini dipercaya menjadi pertanda orang yang menabrak akan celaka. Untuk itu, penting untuk selalu hati-hati dan waspada di mana pun berada. Orang yang menabrak kucing tapi tidak meminggirkan dan menolong kucing dipercaya akan mengalami sial. Jadi, disarankan untuk menolong kucing yang ditabrak dan meminggirkannya dari tengah jalan.

6. Anak Gadis & Duduk di Pintu
Menurut budaya Jawa, anak gadis yang duduk di pintu sangatlah tidak sopan. Beberapa sampai percaya jika perilaku ini bisa membuatnya jauh dari jodoh.

7. Bersiul di Sore & Malam Hari
Banyak orang tua yang melarang anak-anaknya bersiul saat sore atau malam tiba. Orang tua jaman dulu percaya jika bersiul di sore dan malam hari akan mengundang makhluk halus. Ini juga bisa menyebabkan adanya gangguan mistis yang datang ke rumah.

8. Makan di Depan Rumah
Menurut mitos Jawa, makan di depan rumah bisa mengurangi rezeki atau menyebabkan kesialan. Di luar mitos yang ada, makan di depan rumah memang merupakan aktivitas yang terbilang cukup tak sopan.

9. Larangan Menikah di Bulan Sura (Muharram)
Sejauh ini, banyak masyarakat khususnya masyarakat Jawa yang masih sangat percaya akan larangan menikah atau menggelar hajatan besar di bulan Sura (Muharram). Mitos yang ada menyebutkan jika bulan ini Ratu Pantai Selatan sedang menggelar hajatan sehingga orang Jawa tidak diperkenankan menggelar hajatan juga. Menggelar hajatan di bulan Sura juga dipercaya bisa mendatangkan banyak kesialan.

10. Nyapu Tidak Bersih, Siap-Siap Suamimu Brewokan
Sering dimarahi ibu karena menyapumu tidak bersih dan diancam jika menikah suamimu bakal brewokan? Inilah mitos yang sampai saat ini masih sering terdengar di masyarakat luas. Ya, meski mitos ini sudah mulai memudar dan hanya menjadi candaan.

Ladies, itulah beberapa mitos jawa yang masih dipercaya oleh beberapa orang hingga saat ini. Kalau kamu, mitos apa nih yang masih kamu dengar dan ditakuti? Share pengalaman kamu di kolom komentar ya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading