Sukses

Lifestyle

Trik Presentasi Pitching Menawan, Biar Startup-mu Jadi Unggulan

Menjamurnya bisnis startup menginspirasi Ladies untuk melakukan hal yang sama. Namun memiliki ide yang inovatif, bahkan sudah sampai tahap menyusun rencana bisnis, seringkali usaha di bidang digital ini mengalami kegagalan karena kurangnya modal. Bukan hanya untuk membiayai kegiatan operasional sehari-hari saja, tapi juga untuk dana marketing yang akan membuat startup buatanmu lebih banyak dikenal dan mendatangkan keuntungan.

Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh founder startup untuk mendapatkan suntikan dana adalah dengan menggaet investor yang mau menanamkan modalnya. Dikenal dengan istilah keren, pitching investor, kamu biasanya akan membawakan presentasi di hadapan calon investor dan berusaha sebaik mungkin untuk memikat hatinya.

Sayangnya, tidak semua founder startup memahami cara pitching investor yang efektif, sehingga terkadang mereka harus melakukannya hingga puluhan kali tanpa membuahkan hasil yang diinginkan. Hal ini menjadi fokus pembahasan Fajar Anugerah di depan para peserta The NextDev Academy 2018. Membawakan materi “Pitching Hacks! How to Pitch to Investor” Managing Partner Kinara Indonesia ini memberikan beberapa trik untuk memanfaatkan peluang emas saat berada di hadapan calon investor.

Walau startup yang dibuat menawarkan layanan atau produk yang sama dengan bisnis lainnya, Ladies masih bisa membuat investor tertarik dengan membawakan presentrasi yang efektif dan menarik. Untuk mengawalinya, pria berkacamata ini menyarankan untuk menyesuaikan presentasi pada orang yang akan diajak bicara, misalnya bagaimana situasi sosial, tingkat pemahamannya, dan minatnya. Begitu juga saat membuat slide presentasi, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar dapat memancing datangnya investasi bagi perkembangan startup.

Serunya lagi, bukan hanya teori saja yang diberikan, karena Fajar memberikan tantangan untuk membuat presentasi ke calon investor dalam waktu singkat. Berbekal trik jitu yang diberikan, ternyata beberapa peserta mampu membawakan materi yang cukup menarik dan berpeluang menggaet investor.

Jangan mau kalah, dapatkan info selengkapnya untuk melakukan pitching investor di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading