Sukses

Lifestyle

Smart Tips Jadi Founder Startup: Perhatikan Aspek Legalnya, Ya!

Memiliki usaha startup di bidang digital memang lagi ngehits di kalangan generasi zaman now, terutama yang melek teknologi. Untuk meraih keuntungan dan kesuksesan, selain bergantung pada modal dan luasnya networking, menemukan co-founder pun penting untuk membantu menjalankan usaha dan mengembangkannya ke arah yang lebih maju.

Sayangnya, menemukan rekan bisnis juga bukan hal yang gampang. Bukan hanya punya kemampuan yang dibutuhkan untuk membangun startup, tapi juga memiliki kesamaan etos kerja, visi, dan misi.

Daripada mencari jauh-jauh, seringkali Ladies melirik orang-orang yang berada dalam lingkup pergaulanmu. Mengajak teman sendiri untuk bergabung dan membentuk startup memang memiliki beberapa kelebihan, selain menghemat waktu untuk beradaptasi, chemistry yang terjalin dianggap mampu menyelesaikan segala permasalahan dengan lebih mudah, karena sudah saling percaya satu sama lain. Sayangnya, tidak semua startup berujung sukses, bahkan hasil penelitian menunjukkan 60-65 persen justru mengalami kegagalan karena konflik di antara co-founder.

Jika ingin sukses berbisnis di bidang digital, Ladies wajib mengenal manajemen risiko, terutama yang berhubungan dengan kekayaan intelektual dan hubungan dengan rekan bisnis. Jangan sampai terjadi konflik hanya gara-gara mendasarkan hal-hal penting pada asas kepercayaan saja, tapi harus punya dasar legal, salah satunya founder agreement.

Untuk membantu para founder startup untuk memahami pentingnya legalitas, Muhamad Philosophi terpilih menjadi pembicara di The NextDev Academy 2018 yang berlangsung pada 22 April yang lalu. Membawakan materi “Legal: Basic Legal for Startup”, co-founder Legalku Digital ini menjelaskan pentingnya founder agreement sebagai perjanjian yang akan menjamin kelangsungan bisnismu.

Ada banyak smart tips yang dibagikan untuk membangun startup yang sukses. Yuk, gali infonya lebih lengkap di sini.  

 

(adv/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading