Sukses

Lifestyle

Mengenal Kabul Basuki Berkarya Lewat Karakter Bernama Tessy

Ladies, siapa yang tidak mengenal Tessy? Sosok yang sering berpenampilan unik dengan cincin batu akik yang menghiasi hampir seluruh jari tangannya. Tessy yang memiliki nama asli Kabul Basuki, mendulang sukses di tahun 90-an.

Generasi 90-an tentunya masih lekat dengan tayangan Srimulat yang tayang di layar kaca. Di antara pemain lain seperti Tarzan, Nunung, Mamiek, Polo, Eko, dan Gogon, Tessy bisa jadi yang paling meninggalkan kesan mendalam. Apa lagi kalau bukan karakternya sebagai sosok pria berdandan wanita dengan gaya kemayu. Salah satu ciri khas Tessy lainnya adalah koleksi batu akik yang selalu menghiasi jari-jarinya.

Karir Tessy sendiri juga tidak selalu mulus, setelah masa keemasannya, ia harus menghadapi kenyataan tertangkap kasus narkoba, hingga berniat bunuh diri. Namun sosok bernama asli Kabul Basuki ini mampu melewati cobaan dengan baik dan kini telah menjalani hidup baru dengan lebih baik.

Karakter Tessy

Karakter Tessy/copyright kapanlagi.com

Awalnya, Tessy tampil di panggung hiburan rakyat di Surabaya. Ia kemudian bergabung di Srimulat sekitar tahun 1979. Setelah tayang di TVRI dari tahun 1986 hingga 1987, Srimulat vakum dan kemudian diputuskan untuk bubar.

Pada tahun 1995 hingga 2003, Srimulat kembali tayang di Indonesiar. Di layar kaca ini lah, penonton bisa kembali melihat penampilan yang begitu kocak dengan ciri kha setiap pemainnya.

Karakter kemayu yang dibawakan Tessy sendiri sebenarnya tidak sengaja dibuat. Saat itu, Kabul sedang berperan sebagai seorang hansip, dengan spontan dia melakukan improvisasi agar suasana semakin seru dengan bergaya kemayu.

Melihat sambutan yang begitu luar biasa, Kabul pun sejak itu memakai nama Tessy di atas panggung. Namun, siapa yang menyangka kalau sebenarnya Tessy merupakan nama putri sulung Kabul Basuki loh. Kabul menggunakan nama putrinya Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik untuk nama panggungnya, dan hingga sekarang Kabul Basuki lebih dikenal dengan sebutan Tessy daripada nama aslinya.

Bukan Banci

Meski tampil dengan gaya kemayu, Tessy bukan seorang banci. Karakter kemayu yang dibawakannya saat pentas tidak mempengaruhi kepribadiannya di dunia nyata. Ia tetap adalah seorang suami dan juga ayah bagi anak-anaknya, ia tidak pernah tampil kemayu di kehidupan sehari-harinya.

Faktanya, Kabul Basuki dulunya merupakan anggota KKO TNI Angkatan Laut yang ditugaskan untuk terjun di operasi pembebasan Irian Barat di tahun 1961 hingga 1963. Setelah lepas dari KKO TNI Angkatan Laut, Tessy kemudian memilih untuk terjun ke panggung hiburan.

Kasus Narkoba

Sayangnya, dengan bubarnya Srimulat dan juga keputusan KPI yang melarang stasiun TV menayangkan pria yang bergaya kewanitaan, karir Tessy tentunya harus meredup. Setelah melewati masa keemasannya itu, ia memang jarang terekspose ke publik.

Mendadak di tahun 2014, Tessy ditangkap karena kasus narkoba. Siapa yang menyangka kalau sebenarnya Tessy sudah memakai barang haram tersebut sejak tahun 1999. Tessy mengaku kalau ia tidak ketergantungan dan hanya mengonsumsi narkoba saat berkumpul dengan teman-temannya.

"Kalau pede nggak, saya mengenal narkoba itu dari tahun 99. Sebelumnya saya udah punya nama. Nama Tessy udah dari tahun 90. Karena lingkungan sih, kalau ujian dari kita sendiri jangan nyalahkan lingkungan pergaulan. Kalau tidak terbawa arus nggak akan terjadi hal yang saya alami," jelas Tessy menjelaskan kalau dia tidak butuh pakai narkoba untuk membantunya tampil di atas panggung.

Saat diamankan polisi karena kasus narkoba, Tessy meminta izin untuk pergi ke kamar mandi. Siapa yang menduga jika komedian ini justru memilih untuk menegak cairan pembersih lantai sebagai upaya untuk bunuh diri.

Tessy pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan. Setelah kondisinya pulih, ia pun menjalani sidang dan kemudian mendapatkan hukuman 10 bulan.

Pelawak berusia 70 tahun itu kemudian berusaha hidup dengan lebih baik. Ia tampak mengikuti kampanye anti narkoba dan menceritakan kisah hidupnya lewat film berjudul 3 PILIHAN HIDUP.

Memulai Hidup Baru

Sejak tahun 2016, berusaha untuk membangun karirnya kembali setelah kasus narkoba. Pasalnya, kasus ini membuatnya kehilangan banyak job. Tessy juga dipercaya menjadi duta BNN, bahkan ia sempat jatuh sakit saking bersemangat dan sibuk banget untuk menginspirasi anak muda agar menjauhi narkoba.

Tessy juga bermain dalam dalam film 3 PILIHAN HIDUP, menceritakan bagaimana kehidupannya. Ia juga menjadikannya bukti kalau benar-benar telah terlepas dari narkoba.

Di tahun 2017, Tessy bergabung dengan Gerakan Peduli Anti Narkoba. Selain untuk kampanye anti narkoba, mereka juga tampak melakukan aksi sosial.

Kabul Basuki membuktikan kalau karakter Tessy yang melambai hanyalah akting semata. Bukan berarti penampilannya yang menyerupai wanita itu menjadikannya seorang banci. Karakter Tessy merupakan bentuk karyanya sebagai seorang komedian untuk menghibur pemirsa.

Well, semoga sukses Kabul Basuki atau Tessy. Tetap semangat untuk menjalani hidup dan semoga selalu menghibur dan tetap menginspirasi.

Sumber: kapanlagi.com

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading