Sukses

Lifestyle

4 Tanaman Hias Sumber Inspirasi untuk Meja Kerja Kamu

Meja kantor adalah tempat di mana semua “magis” pekerjaan terjadi. Mulai dari sekadar tempat untuk menaruh tas maupun gelas, hingga tempat menumpahkan produktivitas yang ditagih-tagih atasan dan klien. Tapi, meja kantor yang terlalu plain maupun penuh tumpukan file kerjaan justru membuyarkan mood dan produktivitas. Alih-alih on fire, kita akan tergoda menyandarkan kepala ke permukaan meja akibat kantuk dan stuck.

Tenang, hari-hari kerjamu tidak perlu berakhir seperti skenario di atas. Ada sejumlah cara untuk menjaga mood dan produktivitas agar tidak melayang ke mana-mana. Salah satunya yakni dengan mendekorasi meja kerja menggunakan tanaman hias.Coba perhatikan sekeliling ruang kantor, ada berapa banyak rekan kerja yang menaruh tanaman di atas mejanya?

Bunga dan rupa-rupa tanaman hias lain sejatinya mampu meningkat produktivitas kerja, lho! Temuan ini diungkapkan Dr. Chris Knight dan timnya dari Universitas Exeter, Inggris, yang telah menghabiskan waktu 10 tahun melakukan riset perilaku dan kreativitas pekerja. Dilansir dari The Guardian, meja kerja yang dihiasi tanaman mendorong produktivitas pemiliknya hingga 15 %. Tak hanya itu, orang-orang yang menikmati keberadaan tanaman hias itu juga akan menjadi lebih bahagia.

Nah, tanaman hias apa saja yang sebaiknya ditaruh di atas meja kerja? Simak rangkuman di bawah ini.

Lidah Mertua

Lidah mertua adalah tanaman yang cocok ditempatkan di meja kerja/copyright shutterstock.com
Jangan samakan Lidah Mertua dengan lidah mertua beneran ya! Jangan kira tanaman ini berasal dari lidah mertua beneran. Tanaman Lidah Mertua merupakan tumbuhan yang jamak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini mampu menyerap polutan di sekitarnya untuk kemudian diganti dengan oksigen. Cocok untuk ruang yang pengap dan penuh asap rokok. Tanaman ini sendiri berbentuk pipih, tipis dan tajam menyerupai pedang.
 
Heart Philondendron

Tanaman satu ini tak kalah keren jika ditempatkan di meja kerja/copyright shutterstock.com
Tanaman ini cocok bagi kamu yang sering gagal fokus. Kamu barangkali dapat menebak bentuk tanaman ini. Sesuai namanya, Heart Philondendron memiliki daun yang menyerupai simbol hati. Tanaman hias ini mampu menyerap kandungan karbondioksida pada udara yang kamu hirup. Perlu diketahui, terlalu banyak karbondioksida akan menurunkan konsentrasi dan membuat sakit kepala. Kamu bisa menaruh tanaman jenis ini bila sering merasa gagal fokus saat bekerja. Bisa jadi itu karena terlalu banyak karbondioksida di sekitarmu.


Pakis Boston

Pakis Boston yang cantik/copyright sohu.com
Tanaman ini bisa melepaskan kelembaban udara. Apa kamu merasa akhir-akhir ini meja kerja terlalu padat? Aha, jalan satu-satunya ya rapikan meja dari benda- benda tidak penting. Tapi bila ingin meja kerja yang terasa lebih adem, maka taruhlah tanaman Pakis Boston. Tanaman berjumbai ini mampu menyegarkan ruang karena melepaskan kelembaban ke udara sekitarnya. Udara bersih, kulitmu juga tak mudah kering.

Peace Lily

Tanaman yang cantik/copyright motherearthliving.com
Peace Lily mampu menyerap karbondioksida. Peneliti di NASA menyebut bahwa tanaman Peace Lily adalah salah satu tumbuhan yang mampu menyerap karbondioksida dan senyawa kimia organik lain dalam volume banyak. Bentuk visual mahkota bunga tanaman ini cukup indah dengan daun yang ranum. Kamu pun tak perlu risau dengan perawatannya karena tanaman ini tidak neko-neko harus selalu disiangi matahari setiap hari.

Baiklah, ingin tanaman hias yang mana untuk memperindah meja kantormu?
Sumber: iPrice Trend




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading