Sukses

Lifestyle

Fakta Penyebab Rasa Percaya Diri Anak Perempuan Indonesia Rendah

Ladies, rasa percaya diri sangat penting dan tidak boleh diremehkan. Rasa percaya diri akan membantu kamu untuk mencapai kesuksesan. Sebegitu pentingnya kepercayaan diri untuk hidup hingga bisa mempengaruhi segala yang terjadi dalam hidupmu dan bagaimana kamu melihat sesuatu.

Sayangnya tingkat kepercayaan diri anak Indonesia tergolong rendah. Berdasar data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, 56 persen anak-anak Indonesia--yang didominasi anak perempuan--mengalami krisis kepercayaan diri.

Seperti yang dilansir dari liputan6.com (17/4), Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas, dan Budaya KPPPA, Elvi Hendrani mengatakan banyak hal yang menyebabkan anak perempuan tidak merasa percaya diri salah satunya adalah budaya di Indonesia yang masih melihat anak perempuan sebagai sosok yang tidak boleh banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Tidak hanya itu, sistem pendidikan di Indonesia yang masih banyak menggunakan cara kekerasan dalam mendisiplinkan murid-muridnya. Hal yang paling mengkhawatirkan dan harus segera diputus mata rantainya ada di daerah Timur Indonesia.

Percaya Diri adalah Modal Utama untuk Meraih Kesuksesan

Alih-alih menghukum anak saat melakukan kesalahan, yang benar adalah mengarahkan si anak untuk memperbaiki kesalahannya. Masih menurut Elvi, sekolah sejatinya menjadi pintu gerbang bagi mereka meningkatkan kepercayaan diri. Maka itu, putus segera mata rantai kekerasan dengan meniadakan hukuman di sekolah, lebih disiplin dan positif, dan dibina.

Rasa percaya diri pada anak pun dapat ditingkatkan dengan bicara dengan anak saat ia mendapat masalah, membantu anak untuk mencari apa yang ia sukai, dan ajarkan anak untuk fokus dalam membangun hubungan bermakna, mencari kebahagiaan dalam hal kecil dan berusaha sukses.

Saat ingin membantu anak untuk membangun rasa percaya diri, pastikan kamu memiliki komunikasi yang baik dengannya. Biarkan anak memiliki pilihannya sendiri. Rasa percaya diri sangat penting, karena kepercayaan diri merupakan modal utama seorang anak untuk meraih kesuksesan.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading