1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Pewarta Berita Wanita Korea Selatan Dihujat Karena Berkacamata

Senin, 16 April 2018 15:10 Penulis: Febi Anindyakirana
Pewarta berita Korea Selatan/copyright AFP/MBC News

Vemale.com - Penampilan memang menjadi bagian paling penting jika kamu adalah seseorang yang disorot kamera dan harus tampil di depan layar televisi nasional dan dilihat sekian banyak orang, seperti misalnya profesi pewarta berita. Selain kemampuan menyampaikan berita yang profesional, penampilan seringkali diperhatikan.

Di Indonesia, tak ada yang salah dengan wanita yang memakai kacamata dan membawakan berita di televisi. Terkadang sosok wanita yang memakai kacamata justru dianggap terlihat cerdas dan berkelas. Tapi ternyata berbeda kasus di Korea Selatan.

Baru-baru ini seorang pewarta berita salah satu jaringan televisi besar di Korea Selatan muncul mengenakan kacamata di depan kamera dan menjadi sorotan. Dikutip dari Asia One, Jumat (13/4/2018), adalah Lim Hyeon-ju, yang menyampaikan berita di program berita pagi MBC News Today, mengenakan kacamata berbingkai bulat di udara pada hari Kamis.

Pewarta berita wanita di Korea Selatan dibicarakan karena pakai kacamata/copyright AFP/MBC News

Banyak yang membicarakannya karena ternyata memakai kacamata bagi seorang pembaca berita wanita adalah hal yang tidak umum. Sebaliknya, para pembaca berita pria sering terlihat mengenakan kacamata di saluran televisi utama, namun ini adalah pertama kalinya bagi pembaca berita wanita di Korea Selatan melakukan hal tersebut.

Ia mengatakan, "Pembaca berita pria bebas memakai kacamata, tapi mengapa tidak untuk wanita?" ujar Lim saat diwawancarai oleh kantor berita Yonhap.

Alasan Lim Hyeon-ju mengenakan kacamata bukan hanya agar terbebas dari lensa kontak yang melelahkan matanya, tetapi menginginkan kesetaraan gender di kalangan masyarakat Korea yang terkenal menjunjung tinggi derajat laki-laki.

Sistem patriarki juga tergambar jelas karena ada beberapa kasus di mana wanita dipaksa memakai lensa kontak daripada kacamata selama bekerja. Sementara aturan tersebut tidak berlaku untuk pekerja pria. Bahkan, saat ini, banyak retail di Korea Selatan terang-terangan tidak mengizinkan pekerja wanitanya mengenakan kacamata saat bertugas.

"Saya berharap orang-orang tidak terganggu melihat presenter berita yang memakai kacamata, hanya karena presenter itu adalah wanita," kata Lim.

Wah, semoga kesetaraan gender di kalangan masyarakat Korea Selatan bisa lebih baik ya, apalagi untuk hal-hal yang mungkin terlihat sepele ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
KOMENTAR PEMBACA
Tutorial Kencangkan Otot Perut