Sukses

Lifestyle

32 Hari Jelang Ramadan 2018, Sudahkah Utang Puasa Kamu Bayarkan?

Tak terasa bulan Ramadan 2018 tinggal menghitung hari. Sudahkah kamu sangat merindukan bulan seribu bulan ini? Tak hanya penuh berkah, bulan Ramadan bagi umat muslim juga dipercaya sebagai bulan di mana kemungkinan doa dikabulkan lebih cepat, pahala ibadah dilipat gandakan dan masih banyak lagi.

Ngomongin soal Ramadan yang tinggal sebentar lagi, sudahkah kamu membayarkan utang atau mengganti puasa yang ditinggalkan di Ramadan tahun lalu? Bagi beberapa orang, seperti anak kecil yang belum baligh, orang sakit, musafir, wanita hamil, melahirkan dan menyusui, wanita haid/nifas, orang tidak berakal, orang berusia lanjut dan pekerja keras memang diperbolehkan meninggalkan puasa. Tapi, bagi orang-orang yang sudah dewasa dan meninggalkan puasa, ia wajib untuk membayar utang puasa yang ditinggalkan di hari lain.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. AL Baqarah, 183)

Lalu, Kapan Waktu Untuk Membayar Hutang Puasa Ramadan?

Waktu membayar utang puasa adalah waktu lain yakni hari di 11 bulan selain bulan Ramadan mulai bulan Syawal hingga Sya'ban dan di luar hari yang diharamkan berpuasa (dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan 3 hari Tasryik yang jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Dalam hadist Bukhari diriwayatkan, "Dahulu aku memiliki tanggungan/utang puasa Ramadan, dan tidaklah aku bisa menqadha'nya (karena ada halangan sehingga tertunda) kecuali setelah sampai bulan Sya'ban, (H.R. Al-Bukhari).

Meski waktu yang bisa digunakan untuk membayar utang puasa adalah 11 bulan dan terbilang lama, umat muslim yang pernah meninggalkan puasa sebaiknya segera membayar utang tersebut. Membayar utang bisa dengan berpuasa di hari lain seperti puasa dengan niat membayar utang puasa Ramadan.

Tapi, bagi orang-orang yang tidak kuat berpuasa, membayar utang puasa bisa diganti dengan membayar Fidyah atau memberi makan orang fakir miskin. Besar Fidyah yang dibayarkan sendiri harus disesuaikan dengan jumlah hari ia tidak berpuasa di mana sehari besarnya setara dengan 1 mud atau beras 6 ons.

Jadi ladies, sudahkah utang puasa kamu di bulan Ramadan tahun lalu terbayarkan? Jika belum, segera bayarkan mumpung masih ada cukup banyak waktu ke depan sebelum Ramadan 2018 benar-benar datang.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading