Sukses

Lifestyle

Komik Strip Tahilalats Hits di Media Sosial, Humornya Receh Tapi Menyentil

Kamu pengguna Instagram atau Twitter? Pastinya nggak asing dong dengan akun @tahilalats yang selalu menghadirkan komik strip harian dengan berbagai jokes recehnya ini. Di balik kesuksesan Tahilalats, pastinya sosok ilustrator berbakat di dalamnya. Siapakah dia? Dia adalah Nurfadli Mursyid. Ada cerita sendiri kenapa ia memilih nama Tahilalats untuk komik stripnya di media sosial. Seperti yang dilansir dari KapanLagi.com, dia memilih nama Tahilalats karena ia juga memiliki 'tanda khas' tersebut di bagian dagunya. Dengan kata lain, nama karyanya terinspirasi dari ciri khas yang dimilikinya sendiri. Wah, bisa saja ya.

Perjalanan Tahilalats bisa sesukses sekarang pun butuh waktu yang cukup lama. Tahilalats memulai debutnya dengan sebuah komik yang dibagikan melalui akun Instagram pada 2014. Pada bagian bio pada akun ini tertulis, 'Mind Blowon' yang merupakan plesetan dari kata mind blown yang digabungkan dengan kata blo'on yang berarti bodoh. Komik ini sendiri dibuat dalam bentuk komik strip, yakni hanya dalam 1 halaman saja. Biasanya komik strip terdiri dari 3 sampai 5 panel berkelanjutan membentuk sebuah cerita singkat. Dimana komik strip Tahilalats terdiri dari 4 panel berbentuk persegi. Bedanya, jika pada umumnya komik strip dimuat pada surat kabar, Tahilalats justru bergerak melalui media sosial, yaitu Instagram. Selain itu, komik strip ini diterbitkan setiap hari.

Komik strip tahilalats./Copyright instagram.com/tahilalats

Kepopuleran Tahilalats di Media Sosial
Melalui Instagram komik strip daily, Tahilalats berhasil menyita perhatian banyak orang. Sampai saat ini akun Instagramnya sudah diikuti oleh 2,6 juta followers dan hanya mengikuti sejumlah 305 akun saja. Bukan 1 akun saja yang banjir followers, beberapa akun Instagram berisi komik strip daily ini pun turut bermunculan. Sebut aja @tahilalatsdotcom yang dibuat dalam versi Bahasa Inggis dengan 45,8K ribu followers. Wow!

Tak puas sampai di situ saja, Tahilalats pun semakin melebarkan sayapnya. Pasalnya komik strip ini ditunjuk untuk mengisi konten komik di salah satu media sosial berbasis chatting, yaitu LINE. Tak tanggung-tanggung Tahilalats bukan hanya hadir dalam bentuk komik strip kanal WEBTOON, namun juga dalam bentuk sticker berseri! Dengan adanya sticker berseri ini kita serasa lebih dekat dengan Tahilalats!

Komik Strip Tahilalats Punya Ciri Khasnya Sendiri
Komik strip Tahilalats punya ciri khasnya sendiri. Seperti pilihan warna yang unik. Warna pastel adalah warna yang mendominasi look pada komik ini. Menghadirkan kesan teduh, komik strip Tahilalats membuat para pembaca pun merasa nyaman saat membaca.

Punya ciri khasnya sendiri./Copyright instagram.com/tahilalats

Ilustrasi tokoh komik Tahilalat ini pun sangat iconic. Kalau sebuah komik biasanya berisi berbagai gambar yang kompleks, namun tidak dengan Tahilalat. Tahilalats berani menjadi pelopor anti mainstream, dimana karakter yang ada digambar secara 'kasar' atau akrab disebut doodle.

Bentuk tubuh setiap tokoh yang hadir pun terbilang mirip satu dengan yang lain. Jika diurutkan dari kepala hingga ujung kali, kalian akan melihat bentuk kepala para tokoh yang cenderung bentuk persegi dengan sisi melengkung di bagian dagu. Bentuk mata tokohnya pun sama, yakni oval! Sekilas kalian akan melihat bentuk mata yang mirip dengan tokoh animasi kartun Jepang, CHIBI MARUKO CHAN. Yang unik adalah setiap tokoh Tahilalats tidak memiliki hidung! Tangan dan kakinya juga dibuat kurus dan panjang. Dan... sadar tidak kalau tubuh para tokoh cenderung membungkuk ke depan?

Meski dibuat dengan sederhana, pesan atau cerita di balik gambar ini pun tersampaikan dengan baik melalui ekspresi wajah setiap tokoh. Dua hal yang iconic dari wajah tokoh Tahillalats adalah bentuk bibir garis saat tokoh diceritakan terdiam dan bentuk bibir O saat melongo.

Visual Sederhana Tapi Membawa Pesan yang Sangat Menyentil
Sederhana namun tricky, mungkin ungkapan itulah yang cocok menggambarkan Tahilalats. Dengan visual sederhananya, Tahilalats selalu berhasil membawa pesan yang terkadang sarkas dan 'menyentil'. Didominasi kisah sehari-hari yang kocak dan juga receh, Tahilalats menjadi hiburan di tengah penatnya aktifitas harian. Tiap hari jadi lebih berwarna dengan adanya komik strip ini.

Ada kabar gembira nih, ladies. Tahilalats menjadi salah satu nominee dalam ajang XYZ Day Awards tahun ini. Sebagai sosok yang mampu mengkreasikan topik-topik keseharian dalam seni, ia masuk dalam kategori Arts bersama Diera Bachir, Pinot, dan Aulion. Vote di sini ya kalau kalian ingin Tahilalats keluar sebagai pemenang dalam XYZ Day nanti. Jangan sampai kelupaan, oke?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading