Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Biro Perjalanan Umrah, Catat agar Tidak Kecewa

Kasus penipuan perjalanan umrah kembali meresahkan. Setelah First Travel, giliran Global Insani yang dilaporkan. Tidak main-main, bahkan para calon jemaah pun menggerebek Kantor Global Insani di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Seperti yang ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (9/4/2018), para calon jemaah ini mencari Basuni pimpinan Global Insani yang menjanjikan pencairan dana milik para calon jemaah.

Baca Juga: Tuntut Uang Kembali, Calon Jemaah Gerebek Kantor Global Insani

Ladies, agar terhindar dari penipuan Biro Perjalanan Umrah berikut ini adalah tips memilih Biro Perjalanan yang aman. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pastikan kamu memilih Biro Perjalanan yang terdaftar di Kementrian Agama. Perhatikan surat izin dan tanda daftar perusahaannya.
  2. Pastikan Biro Perjalanan yang kamu pilih memiliki kantor. Cek wujud kantornya, dapat dipercaya atau tidak.
  3. Perhatikan rekam jejaknya. Bersih dari kasus atau tidak. Semakin lama perusahaan berdiri, maka makin bagus.
  4. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Para korban penipuan ini rata-rata tergoda dengan harga murah yang ditawarkan Biro Perjalanan. Tertarik dengan harga promo boleh saja, asal pastikan harganya tetap logis.
  5. Cek kembali fasilitas yang diberikan oleh Biro Perjalanan. Pastikan harga yang diberikan sebanding dengan fasilitas yang kamu terima.
  6. Perhatikan cara pembayarannya. Pastikan rekening yang digunakan untuk pembayaran adalah atas nama perusahaan. Hindari menyetor uang biaya perjalanan ke rekening atas nama pribadi.
  7. Cari informasi kepada saudara, sahabat atau rekan yang sudah melakukan perjalanan umrah. Mendengarkan saran dari mereka tidak ada salahnya kamu lakukan.
  8. Hindari Biro Perjalanan Umrah dengan sistim MLM. Biasanya calon Jemaah diminta untuk membayarkan sejumlah uang untuk bergabung. Setelah bergabung, calon Jemaah harus mengajak orang lain untuk bergabung dan menjadi downline. Hingga terkumpul downline yang telah ditentukan, barulah dapat berangkat ibadah Umroh.
  9. Pastikan travel yang dipilih telah menyediakan pembimbing ibadah Umroh yang akan menemani selama perjalanan ibadah di Tanah Suci.
  10. Pastikan kamu mendapat tanggal yang pasti keberangkatan kamu. Hindari Biro Perjalanan yang hanya sekadar 'menjanjikan tanggal' kepadamu. DiPHP-in itu sakit.

Baca Juga: Serupa dengan Global Insani, Berikut Daftar Biro Umrah yang Bermasalah

Semenjak kasus First Travel mencuat, kasus penipuan Umrah ini semakin banyak terungkap. Semoga dengan sikap hati-hati hal penipuan ini dapat dihindari. Well, semoga tidak ada korban Global Insani yang lainnya ya ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading