1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Mengidap Kondisi Langka, Wanita Ini Cuma Bisa Konsumsi Nasi dan Sayur

Jum'at, 06 April 2018 13:45 Penulis: Endah Wijayanti
Mengidap kondisi langka./Copyright metro.co.uk/HotSpot Media

Vemale.com - Seorang wanita mengidap kondisi langka. Ia alergi ke semua makanan, kecuali nasi dan sayur mayur. Seumur hidup ia harus sangat berhati-hati dengan semua yang dikonsumsinya, karena bila tidak dampaknya bisa sangat fatal.

Seperti yang dilansir dari metro.co.uk, Sophie Willis (25 tahun) asal London mengidap Mast Cell activation syndrome, sebuah kondisi langka di mana sel-sel darahnya tidak bisa bereaksi terhadap jenis makanan dan aroma tertentu. Dengan kondisi imunologis ini, nyawa Sophie bisa terancam kapan saja jika ia mengalami alergi atau reaksi.

Hanya bisa konsumsi nasi dan sayur mayur./Copyright metro.co.uk/HotSpot Media

Desainer kerudung pengantin (wedding veil) ini tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung ragi, daging, ikan, produk berbahan susu, dan produk yang mengandung bahan pengawet. "Aku tak bisa makan apapun kecuali sayur dan nasi, kalau aku makan yang lain aku akan kolaps dan mengalami syok anafilaktik," terangnya.

Sebelum mengetahui sindrom yang dideritanya, Sophie bisa mengalami reaksi alergi sampai tujuh kali dalam sehari. Dulunya Sophie memiliki kehidupan yang aktif. Ia sering lari maraton dan sering makan malam bersama teman-temannya sampai kemudian ia jatuh sakit pada tahun 2014. Saat itu ia sering pingsan beberapa kali sehari, tenggorokannya pun sering menutup dan wajahnya bengkak. Benar-benar pengalaman yang mengerikan.

Kalau salah makan bisa alergi./Copyright metro.co.uk/HotSpot Media

Sophie harus menjalani berbagai tes dan mengunjungi lebih dari 30 rumah skit untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dia alami. Barulah pada bulan Agustus 2016, diketahui kalau Sophie mengidap Mast Cell activation syndrome. Sel mast adalah sel yang mengandung granula yang kaya akan histamin dan heparin. Salah satu fungsinya adalah untuk mencegah infeksi. Namun, pada penderita Mast Cell activation syndrome, sel mast dalam tubuhnya tidak bisa bekerja dengan baik. Sehingga sering menimbulkan gejala seperti alergi.

"Saat aku mengonsumsi makanan tertentu, sel-sel mast dalam tubuhku bereaksi dengan buruk, kondisi ini digabungkan dengan dua kondisiku yang lain membuatku pingsan," papar Sophie yang juga mengalami kelainan jaringan penyambung dan masalah jantung.

Hidup dengan banyak pantangan memang tak mudah./Copyright metro.co.uk/HotSpot Media

Sekarang, Sophie hanya bisa mengonsumsi nasi dan sayur mayur saja. Kalau dia nekat mengonsumsi yang lain, tenggorokan, mata, dan bibirnya bisa bengkak dan seluruh tubuhnya akan terasa sakit. Meski tak mudah hanya hidup dengan makan nasi dan sayur mayur, tapi dengan cara inilah ia setidaknya bisa menjalani hidupnya dengan normal dan tidak gampang pingsan lagi.

Tak hanya punya pantangan soal makanan, Sophie juga tak bisa tahan dengan paparan sinar matahari dan suara bising berlebihan. Meski punya banyak pantangan, Sophie tetap berusaha menjalani hidupnya dengan baik. Kini ia pun aktif menggalang dana untuk empat yayasan, termasuk Mast Cell Action.



(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA
Kalau Sukses Tebak Nama Boyband Ini, Kamu Sah Jadi Generasi '90-an