Sukses

Lifestyle

Penelitian Membuktikan Jeda dari Facebook akan Membuat Kamu Lebih Tenang

Bersosial media memang menyenangkan, hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui segala perkembangan terbaru. Dari peristiwa dunia hingga kabar dari orang-orang terdekat. Maka tidak salah jika banyak orang merasa tergantung dengan sosial media, salah satunya adalah facebook.

Meskipun media sosial memiliki dampak positif, nyatanya media sosial juga dapat memberikan efek negatif. Dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, Facebook adalah jaringan media sosial paling populer di dunia.

Baca Juga: Bikin Resah,Facebook Kumpulkan Data Panggilan dan SMS dari Pengguna Android

Baru-baru ini ilmuwan dari Universitas Queensland dan Universitas Katolik Australia telah mengeksplorasi efek samping mental ketika pengguna menjauhi Facebook dalam penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Social Psychology, yang berjudul 'The Burden of Online Friends'.

Dilansir dari Indy100 melalui liputan6.com percobaan itu menganalisis 138 pengguna Facebook aktif. Peserta dipisahkan menjadi dua kelompok, salah satunya diberitahu untuk menjauhi Facebook selama seminggu, sementara yang lain diinstruksikan untuk melanjutkan aktivitas seperti biasa. Setelah seminggu, para ilmuwan mengukur konsentrasi hormon stres kortisol, serta stres dan kesejahteraan yang dirasakan. Mereka juga meminta setiap peserta menjawab serangkaian pertanyaan mengenai suasana hati, kesepian dan kepuasan hidup.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian dibagi menjadi dua bagian yaitu pengguna facebook secara normal dan no facebook. Kelompok pertama mengalami tingkat kortisol dan kelompok kedua mengalami kepuasan hidup yang lebih rendah.

Penelitian menunjukkan seseorang yang menggunakan facebook akan merasa bahagia, karena mendapatkan aneka informasi yang dibagi. Sedangkan kelompok kedua yang mengambil jeda dari facebook dalam waktu tertentu akan merasa lebih tenang dan dapat mengendalikan stres-nya.

Dari hasil penelitian tersebut para ilmuan menyarankan, jeda singkat dari Facebook sangat baik bagi kesehatan jiwa. Ketika mulai merindukan hal-hal menyenangkan dari facebook tidak ada salahnya jika kamu mengaksesnya kembali, tapi ingat untuk tidak terlalu lama bermain facebook.

Bagaimana, ladies apakah kamu setuju dengan pendapat ini? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading