Sukses

Lifestyle

Mengapa Kursi Pesawat Selalu Berwarna Biru? Ini Alasannya

Suka bepergian naik pesawat? Mungkin kamu menyadari satu hal yang sering kamu temui jika naik pesawat, kursinya selalu warna biru. Kira-kira mengapa ya maskapai penerbangan mendesain kursi pesawat warna biru?

Ternyata ada alasannya lho. Dikutip dari Brightside.com, warna kursi biru pertama kali digunakan dalam beberapa dekade lalu. Namun sekarang semua maskapai penerbangan cenderung memilih warna ini sebagai warna umum kursi pesawat.

Para ilmuwan Inggris mengungkapkan, warna biru diasosiasikan dengan keandalan dan keamanan, baik untuk kelas satu maupun kelas ekonomi sekalipun. Hal ini dinilai penting, terlebih bagi penumpang yang menderita aerophobia atau fobia naik pesawat.

Bukan hanya itu, maskapai penerbangan memilih warna biru karena alasan tingkat kekotoran. Ketika terkena kotoran, noda atau goresan, hal itu tampak samar di atas warna biru, jadi tidak terlihat jelas. Oleh karena itu, warna biru dapat digunakan dalam jangka panjang dibandingkan warna lain yang lebih terang.

Kursi pesawat selalu biru karena alasan ini/copyright Pexels.com

Penelitian juga menunjukkan hasil survey, bahwa 90 persen orang tanpa sadar membuat keputusan tentang daya tarik perusahaan penerbangan tergantung pada warnanya.

Sebenarnya tahun 1970-an dan 1980-an, beberapa maskapai mencoba menggunakan kursi berwarna merah. Namun mereka harus mengubahnya menjadi biru, karena ternyata warna merah bisa memicu keagresifan para penumpang. Kursi biasanya dibuat dari bahan kulit buatan atau kain.

Untuk penerbangan jarak jauh, kebanyakan kursi pesawat dibuat dari bahan dasar kain guna menjaga sirkulasi udara sehingga penumpang tidak berkeringat atau merasa tak nyaman selama duduk. Sedangkan kursi berbahan kulit buatan cocok digunakan untuk penerbangan jarak pendek, karena tahan pakai. Misalnya saat sebuah minuman tumpah di atasnya, kursi jenis ini tak akan meninggalkan noda.

Jadi, itulah alasan mengapa seringkali warna kursi pesawat adalah biru. Beberapa orang mungkin tak pernah memperhatikannya. Tapi kini kamu tahu faktanya, dan ternyata ada ilmu dibalik pemilihan kursi pesawat yang warna biru.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading