Sukses

Lifestyle

Terungkap, Alasan Mengapa Jendela Pesawat Komersial Berbentuk Oval!

Pernahkah kamu penasaran mengapa jendela pesawat terbang komersial berbentuk kotak oval? Mengapa tidak persegi dengan sudut-sudut runcing seperti jendela pada rumah? Tapi justru jendela berbentuk oval inilah yang menjadi ciri khas jendela pesawat.

Ternyata ada alasannya lho mengapa jendela pesawat terbang komersial didesain seperti itu. Desain jendela pesawat yang dibuat oval bukanlah pilihan yang sembrono. Ini adalah inovasi, temuan yang mampu menyelamatkan banyak jiwa penumpang.

Jika jendela pesawat komersial dibuat persegi, layaknya jendela rumah, seluruh pesawat tampaknya akan hancur di tengah penerbangan. Ingin tahu alasannya?

Dikutip dari laman curiosity.com, sekitar pertengahan abad ke-20, maskapai komersial mulai menerbangkan pesawat di ketinggian yang lebih tinggi. Terbang lebih tinggi ternyata menjadi langkah efektif penghematan uang, karena bisa mengurangi kepadatan udara. Itu berarti mengurangi hambatan pesawat sehingga lebih sedikit bahan bakar yang terbuang.

Alasan jendela pesawat komersial dibuat oval/copyright Pexels.com

Nah, untuk bisa terbang lebih tinggi, maskapai penerbangan perlu melakukan beberapa perubahan desain pesawat. Pertama, kabin pesawat harus diberi tekanan agar semua penumpang bisa bernapas dengan baik saat terbang lebih dari 30.000 meter di atas permukaan laut.

Kedua, desain luar pesawat harus dibuat silindris untuk menahan tekanan udara. Nyatanya, kedua perubahan itu tidak cukup. Tahun 1950-an, tiga pesawat jatuh. Ada satu hal yang mereka lupakan, mereka masih menggunakan jendela persegi.

Ternyata, jendela persegi dianggap bermasalah bagi pesawat untuk bisa terbang lebih tinggi, karena ada perbedaan tekanan atmosfer dan kabin. Perbedaan ini membuat kabin melebar, yang mana berakibat pada rusaknya material jendela.

Berbeda dengan jendela berbentuk oval, yang dipercaya mampu mengalirkan tekanan udara dengan lancar ke sekitar badan pesawat. Jendela oval juga membantu mengurangi penumpukan tekanan udara yang berpotensi merusak bentuk pesawat. Hasilnya, setelah diujicoba, pesawat bisa terbang dengan aman.

Jadi, sekarang kamu tahu kan ladies mengapa jendela pesawat dibuat oval dan tidak persegi? Kini rasa penasaranmu sudah terjawab, sekaligus menambah ilmu pengetahuan penting tentang transportasi.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading