Sukses

Lifestyle

Ada 3 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Bisakah Kamu Tebak yang Mana?

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengeluarkan data provinsi yang memiliki indeks kebahagiaan tertinggi. Tiga provinsi paling bahagia adalah Maluku Utara (75,68), Maluku (73,77) dan Sulawesi Utara (73,69).

Kebahagiaan ini diukur dalam Indeks Kebahagiaan Indonesia (IKI) yang disusun oleh tiga dimensi, yaitu Kepuasan Hidup (Life Satisfaction), Perasaan (Affect), dan Makna Hidup (Eudaimonia). Kontribusi masing-masing dimensi terhadap Indeks Kebahagiaan Indonesia adalah Kepuasan Hidup 34,80 persen, Perasaan (Affect) 31,18 persen, dan Makna Hidup (Eudaimonia) 34,02 persen.

Kebahagiaan ini kemudian coba dirayakan dalam 'Happiness Festival' yang akan berlangsung di Taman Menteng, Jakarta, pada Sabtu, 31 Maret 2018 hingga Minggu, 1 April 2018 lalu. Gerakan ini sendiri digagas Bappenas dan UN SDSN, serta berkolaborasi dengan Project Semesta, United in Diversity (UID).

Dalam siaran pers yang diterima redaksi vemale.com, UID mengajak setiap individu, sektor bisnis, dan pemerintah untuk mengenal lebih dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). sebuah ajakan universal untuk memberantas kemiskinan, melindungi bumi, dan memastikan semua orang hidup damai dan sejahtera.

Zero Waste Picnic/Dok.Happines Festival

"Dukungan dari Bappenas dan UN SDSN terhadap 'Happiness Festival' menunjukkan bahwa pemerintah sejalan dengan PBB dalam menilai kemajuan suatu negara berdasarkan tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan warganya, tidak hanya peningkatan ekonomi semata. Negara dengan masyarakat yang lebih bahagia akan tumbuh lebih pesat," ujar Mari Elka Pangestu, President, United Diversity, dalam siaran persnya.

Happiness Festival yang berlangsung akhir pekan lalu menampilkan sederet aktivitas yang berhubungan dengan kebahagiaan dan kesejahteraan. Acara ini dihadiri oleh para pemimpin seperti: Bambang Brodjonegoro, Marzuki Usman, Aristides Katoppo dan Gde Ardika; pemimpin dari sektor privat: Cherie Nursalim, Catharina Widjaja, Maria Dewantini Dwianto, Gracia Danarti, Vikra Ijas, Leonard Theosabrata; figure publik dan para ahli: Reza Gunawan, Ade Rai, Eva Celia, Andien, White Shoes and the Couples Company.

"Sejalan dengan Kebahagiaan Piramida SDG sebagai DNA dari Happiness Festival, Kitabisa.com sudah membuktikan Indonesia tidak kekurangan orang yang baik dan peduli, hanya butuh lebih banyak jembatan yang menghubungkan dan wadah yang menyatukan,” ujar Vikra Ijas, Cofounder & CPO, Kitabisa.com sebagai salah satu peserta acara.

Dalam acara ini juga akan menampilkan serangkaian workshop dan dialog. Di antaranya seperti Sustainable Food Consumption oleh Burgreen-GEMASS-Sayur Box-Krakakoa, DIY Turmeric Based Home Remedy oleh Rahsa Nusantara, DIY Terrarium for Kids oleh Kawan Cendekia, Upcycling Fashion Waste oleh Threadapeutic, DIY Natural Lipbalm oleh Peek.Me Naturals, Good Deeds: Happy Volunteering oleh Indo Relawan.

"Sejak awal, Burgreens berkomitmen untuk membuat makanan sehat, etikal dan berkelanjutan yang enak, fun dan accessible sembari memberdayakan petani lokal dan perempuan lewat jaringan suplai yang bertanggung jawab," kata Max Mandias, Plant-based Chef and Founder, Burgreens.

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading