Sukses

Lifestyle

Yuk, Intip Salah Satu Sekolah Internasional di Jakarta: Sampoerna Academy

Berbicara soal pendidikan, setiap orangtua pasti akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Pendidikan yang dimaksud bukan hanya dalam soal materi sekolah, tapi juga fasilitas pendukung di belakangnya. Termasuk kurikulum, jasa pendidik, dan fisik bangunan yang menunjang.

Salah satu sekolah yang memiliki level terbaik dari semua ketentuan di atas adalah Sampoerna Academy, Jakarta. Dalam kunjungan yang dilakukan kru vemale.com di sekolah ini di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sampoerna Academy berwujud gedung tinggi yang memiliki keamanan berlapis.

Lorong menuju kelas berisi karya para siswa yang dipajang. Lengkap dengan tema tertentu dan bahkan disisipi pujian atas pencapaian mereka.

Sampoerna Academy Jakarta/Vemale.com

Di dalam ruang kelas 1 hingga 3 SD, terdapat dua orang guru; satu guru lokal dan satu lagi ekspatriat. Sedangkan di kelas 4 hingga 6 SD, hanya ada satu orang guru dan kelas sudah mulai dibagi berdasarkan mata pelajaran.

Jangan kira pembelajaran berupa melihat ke papan tulis dan duduk diam mendengarkan. Mereka menggunakan iPad ber-headset yang sudah berisi e-book. Ini belum termasuk sesi video edukatif, mentoring, dan forum diskusi bersama. Pelajaran dilakukan dengan cara menyenangkan, interaktif, dan memancing kreativitas.

Menurut Frida Dwiyanti selaku Primary Principal of Sampoerna Academy, institusi bimbingannya menerapkan sistem pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Math). Ini merupakan penyempurnaan dari sistem sebelummya yang meniadakan disiplin ilmu seni.

Sampoerna Academy/Vemale.com

Para disiplin ilmu ini dipilih karena data dari National Science Foundation menunjukkan bahwa di masa depan sekitar 80 persen pekerjaan mengharuskan para pekerjanya menguasai keterampilan di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika. Namun tak juga menyingkirkan peran seni yang berperan besar dalam hidup seorang anak.

"Sampoerna Academy percaya bahwa semua anak memiliki sense of art karena memang dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan. Kami juga menerapkan sistem pembelajaran yang lebih terintegrasi sehingga belajar jadi terasa lebih menyenangkan," tutur Frida dalam talkshow 'Make Your Children Future-Ready from an Early Age' di Sampoera Academy, Kamis (22/3).

Selain ruang kelas yang berisi kurang dari 25 anak, terdapat pula perpustakaan, tempat bermain, ruang makan, ruang musik, dan ruang tari, Setiap anak yang sudah selesai sekolah, tidak diperkenankan keluar dari gedung tanpa ada wali murid/asisten yang menjemput. Pengamanan dilakukan berlapis mulai dari jam masuk sekolah hingga akhirnya anak pulang sekolah.

Sampoerna Academy/Vemale.com

"Kami percaya IQ (kecerdasan intelektual), kami percaya EQ (kecerdasan emosional), dan kami percaya SQ (kecerdasan spiritual), maka itu kami mencoba mengintegrasikannya dengan cara yang membuat anak senyaman mungkin," papar Frida lagi.

Menurut Ratih sebagai salah satu wali murid dari dua anak di Sampoerna Academy, ia memilih sekolah itu karena level pendidikan internasionalnya. "Sekolah di sini membuat anak jadi lebih mandiri dan aman karena orang luar ngga boleh masuk. Paling saya suka di sini ngga ada bullying (perisakan)," tutur Ratih yang tengah menunggu dua buah hatinya pulang sekolah.

Jika kamu masih memilih sekolah untuk si kecil, Sampoerna Academy bisa masuk dalam salah satu pertimbangan. Institusi pendidikan ini terbagi di beberapa lokasi di antarany Sampoerna Academy Jakarta, Tangerang (BSD), dan Bogor (Sentul). 

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading