Sukses

Lifestyle

Bukan Cuma Cowok, Cewek Juga Harus Tahu Tentang Instalasi Air di Rumah

Sebagai perempuan modern, Ladies dituntut serba bisa dalam segala bidang, termasuk hal-hal yang biasanya dikaitkan dengan kemampuan para pria. Mulai dari merawat kendaraan hingga mengatasi masalah yang bisa terjadi di rumah, salah satunya instalasi air. Hal ini penting karena berkaitan dengan proses distribusi air yang lancar dan efisien. Bingung mulai dari mana? Simak panduannya berikut ini.

Hal Pertama yang Dilakukan Saat Bocor

Penyebab instalasi air yang bocor ada beragam, mulai dari pipa air yang pecah atau karena sambungannya kurang rapat. Hal ini dapat menyebabkan air menetes dan terjadi kebocoran, yang berujung pada biaya tagihan air yang meningkat. Untuk mengetahui penyebab pastinya, pertama matikan seluruh kran air dan periksa meteran air.

Jika jarum indikator menunjukkan air tetap mengalir, maka bisa dipastikan terjadi kebocoran pada pipa air. Ladies bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan memanfaatkan lem pipa PVC RUGlue untuk menyambungkan pipa PVC dengan kuat dan sempurna.

Cara Memilih Pipa

Keberadaan pipa dalam instalasi air di rumah memang sangat penting. Selain digunakan sebagai saluran air bersih, juga menjadi saluran pembuangan air kotor. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih pipa air karena ingin harga pipa yang murah, melainkan kenali jenis pipa yang ada di pasaran. Biasanya untuk kebutuhan rumah tangga dapat memilih pipa PVC yang terbuat dari plastik kaku dan keras, seperti RUCIKA yang kuat, tahan lama, dan anti bocor.

Pipa RUCIKA STANDARD merupakan pipa yang tepat untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan. Dengan material uPVC yang lebih banyak kelebihannya dibandingkan dengan material polimer lain, misalnya saja tahan terhadap korosi, kuat, ringan, dan mudah dalam penyambungan serta pemeliharaan.

Sementara itu untuk kebutuhan saluran air panas dan dingin di rumah, RUCIKA GREEN adalah produk yang tepat. Produk ini terbuat dari polypropylene random tipe 3 dengan sistem penyambungan heat fusion. Hasilnya adalah sambungan yang homogen, sehingga menjadi jaminan lebih kuat, anti bocor, bebas perawatan, dan mampu bertahan hingga 50 tahun ke depan. Sistem ini didesain agar cocok dengan saluran bertekanan pada perumahan, industri, rumah sakit, hotel, hingga apartemen.

Jangan lupa untuk memahami spesifikasi pipa air dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Biasanya untuk penggunaan rumahan, pilih pipa air untuk air bersih berdiameter 0,5-1,5 inci, sedangkan untuk pipa air kotor seperti kamar mandi atau air hujan berdiameter 2,3-4 inci. Begitu juga dengan pipa untuk air panas, wajib menggunakan jenis pipa yang mampu menahan panas maksimal, seperti PERT, PEX, atau PPR.

Letak Instalasi Air di Rumah

Ada dua teknik pemasangan instalasi saluran air bersih yang biasanya diterapkan di rumah, yaitu instalasi tertanam dan menempel. Untuk yang ditanam dalam tanah atau dinding akan terlihat lebih rapi, tapi akan menyulitkan jika perlu melakukan perbaikan atau perawatan.

Sebaliknya pipa-pipa air yang menempel di dinding memudahkan untuk mencari letak kebocoran dan segera mengatasinya. Untuk menyamarkannya, Ladies bisa mengecatnya dengan warna senada atau hitam untuk memberikan aksen pada ruangan.

Tidak terlalu rumit kok, untuk memahami instalasi pipa air di rumah. Tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain, Ladies bisa memastikan penyaluran air bersih berjalan lancar. Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading