Sukses

Lifestyle

9 Upaya untuk Mencapai Kesetaraan Gender di Hari Perempuan Sedunia

Hari ini diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia. Tahun ini Dunia mengambil tema besar untuk memperingati Hari Perempuan yaitu tentang kesetaraan gender. Seperti yang kita ketahui kesetaraan gender masih menjadi isu yang banyak diperdebatkan dan masih terus diperjuangkan.

PBB memiliki misi 17 pembangunan dunia secara global. PBB memiliki agenda tahun 2030 ke-17 tujuan ini dapat direalisasikan. Isu tentang kesetaraan gender menjadi poin kelima misi pembangunan dunia ini. Ladies, berikut ini adalah 9 hal yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan kesetaraan gender.

  1. Mengakhiri diskriminasi terhadap semua wanita dan anak perempuan.
  2. Menghilangkan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak baik di ranah publik maupun pribadi. Hal ini termasuk perdagangan manusia dan eksploitasi seksual pada perempuan dan anak.
  3. Melawan pernikahan anak dan tradisi khitan pada perempuan.
  4. Meningkatkan pelayanan umum dan kebijakan publik yang lebih pro terhadap perempuan.
  5. Memastikan partisipasi penuh dan efektif perempuan dan kesempatan yang sama untuk kepemimpinan di semua tingkat pengambilan keputusan dalam kehidupan politik, ekonomi dan publik.
  6. Memastikan akses universal terhadap kesehatan seksual dan reproduksi dan hak reproduksi.
  7. Melakukan reformasi untuk memberi perempuan hak yang sama terhadap sumber daya ekonomi, serta akses terhadap kepemilikan dan kontrol atas tanah dan bentuk properti, layanan keuangan, warisan dan sumber daya alam lainnya, sesuai dengan undang-undang nasional.
  8. Meningkatkan penggunaan teknologi yang memungkinkan, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan.
  9. Mengadopsi dan memperkuat kebijakan yang baik dan peraturan yang dapat dilaksanakan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan di semua tingkat.

Ladies, demikian 9 hal yang perlu diupayakan untuk mewujudkan kesetaraan gender bagi perempuan. Selamat Hari Perempuan Sedunia!

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading