Sukses

Lifestyle

Mengenal Awal Mula Teknik Membatik Hingga Batik yang Modern

Ladies kita tahu jika batik merupakan kain kebanggaan masyarakat Indonesia. Proses pembuatannya yang cukup sulit, membuat kain ini menjadi warisan berharga bagi Indonesia.

Ketua Ikatan Pecinta Batik Nusantara, Ayu Diah Pasha, mengatakan awal mula teknik batik ialah teknik tutup lilin atau tulis, dengan pena yang terbuat dari bambu. Menurutnya, dulu penutup pena tersebut ialah ketan atau beras yang ditumbuk. Lalu, seiring dengan berkembangnya industri batik, teknik yang digunakan ialah teknik cap yang lebih ekonomis.

“Cap adalah suatu proses dalam perkembangan batik. Awalnya kain alami seperti sutra, kapas, kemudian masuk pedagang dari India ke indonesia memperkenalkan katun. Sehingga sekarang di era modern lebih menarik lagi batik, bisa di atas lycra atau poliester dengan teknik cap,” ujar Ayu saat ditemui dalam KENCANA PAJAJARAN BATIK & FASHION, yang membuka outlet pertama di Jakarta, pada Sabtu (3/3).

Batik dibuat dengan teknik tulis hingga cap/copyright vemale.com/Anisha SP

Ayu menambahkan, penggunaan canting merupakan ciri khas Indonesia. Sedangkan di malaysia, pewarnaannya menggunakan kuas. Berbagai jenis batik Indonesia juga bisa kamu temui di outlet Kencana Pajajaran Batik & Fashion. Pembukaan toko retail pertama di Ibu Kota diharapkan dapat memantapkan tujuan Kencana Pajajaran untuk membawa warisan budaya nusantara Indonesia ke dunia modern tanpa menghilangkan jati dirinya.

"Dengan segala proses yang telah dilalui, kami sangat yakin dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar dengan tetap mempertahankan warisan budaya nusantara Indonesia," kata Affandi Setiawan, Owner  Kencana Pajajaran Batik & Fashion.

Batik yang cantik di Kencana Pajajaran Batik & Fashion/copyright vemale.com/Anisha SP

Dari awal pendiriannya, Kencana Pajajaran Batik & Fashion yang didirikan pada tahun 2013 ini sangat menekankan kualitas. Adapun filosofi perusahaan adalah “menggabungkan budaya nusantara dengan nafas modernisasi kontemporer”.

Produk batik yang dihasilkan selalu berinovasi untuk menciptakan produk-produk yang modern tanpa meninggalkan karakter batik pada setiap produknya. Di antaranya koleksi kemeja pria, blouse, celana panjang wanita, kemeja wanita, kemeja anak pria, dan baju anak perempuan, dengan motif batik Cirebon dan Solo yang menjadi produk favorit.

"Jika mau terus maju, batik harus bisa berinovasi dengan pasar modern," ujar pebisnis asal Bandung ini. Nah ladies jika tertarik melihat dan membeli batik sebagai warisan negara, kamu bisa datang ke Jl. Kemang Raya No. 82A, Jakarta Selatan atau intip Instagramnya @kencanapajajaran.

(vem/asp/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading