Sukses

Lifestyle

Tips Aman Bepergian Menggunakan Transportasi Online Bagi Wanita

Tahukah kamu bahwa mayoritas pengguna jasa transportasi online di Indonesia merupakan wanita? Menurut hasil riset dari IlmuOne Data, sebuah lembaga konsultan data analitis dan digital, di Indonesia terdapat hampir 20 juta pengguna transportasi berbasis online dan jumlah pengguna wanita lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pengguna pria.

Nah, bagi kamu para wanita yang sering bepergian menggunakan transportasi online, berikut ini adalah tips agar perjalanan kamu semakin aman dan nyaman.

Menunggu pesanan di tempat yang aman
Memesan kendaraan dapat dilakukan di manapun dan kapan pun kamu berada. Namun, sebaiknya kamu menunggu kendaraan pesanan hingga datang menjemput di dalam rumah atau di dalam ruangan, apalagi jika memesan kendaraan ini dilakukan di malam hari.

Perhatikan jalan
Usahakan untuk memperhatikan jalan. Pastikan pengemudi untuk selalu berada pada rute yang seharusnya dilewati. Jika pengemudi menyarankan rute lain dikarenakan adanya pengalihan lalu lintas oleh polisi atau tertutupnya jalan akibat banjir, pastikan kamu juga mengetahui informasi tersebut danĀ  memahami rute alternatifnya.

Kenali secara detil profil pengemudi
Banyak dari kamu mungkin masih tidak memperdulikan hal ini. Namun, tidak ada salahnya untuk menjadikan pengalaman perjalananmu menjadi lebih aman dengan mencocokkan informasi terkait profil pengemudi, mulai dari nomor kendaraan yang dipakai hingga wajah pengemudi yang menjemput. Kamu juga dapat mempertimbangkan rating pengemudi seperti yang terdapat pada fitur aplikasi ridesharing Uber sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan apakah kamu akan pergi dengan pengemudi tersebut atau tidak.

Kabari teman atau keluarga terdekat
Selalu kabari teman atau keluarga terdekat saat perjalanan berlangsung. Jika kamu menggunakan aplikasi ridesharing Uber, kamu tidak hanya bisa memantau perjalananmu sendiri, namun kamu juga bisa membagikan status perjalananmu kepada teman atau keluarga secara detil mulai dari foto pengemudi, identitas kendaraan, hingga lokasi terkini kamu secara live.

Mintalah berhenti saat merasa tidak aman
Jika pengemudi berkendara secara ugal-ugalan atau melanggar aturan lalu lintas, jangan ragu untuk menegurnya. Kamu bisa meminta untuk berhenti jika pengemudi masih melakukan hal yang sama.

Laporkan jika pengemudi bertindak tidak profesional
Ketika kamu melakukan perjalanan bersama ridesharing, tidak jarang mitra pengemudi kamu mengajak ngobrol, sekadar mencairkan suasana. Tak ada salahnya menanggapi kalau obrolan tersebut menyenangkan dan membuatmu mendapatkan banyak informasi baru. Namun apabila kamu terganggu dan sudah menyangkut ranah pribadi, tegurlah mitra pengemudi tersebut secara sopan untuk menunjukkan bahwa kamu merasa tidak nyaman. Di Uber, kamu bisa melaporkan ketidaknyamanan perjalanan kamu melalui tanggapan secara anonim yang dapat diberikan setelah perjalananmu selesai.

Demikian beberapa tips bagi para wanita pengguna transportasi online dari Uber agar kita bisa terus bepergian dengan aman dan nyaman. Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi kamu semua dan jangan lupa untuk selalu ride safety yes.



(vem/zzu/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading