Sukses

Lifestyle

Fakta Mengejutkan! Pengguna Internet Ternyata Didominasi Ibu-Ibu Milenial

Kemudahan internet memang sudah dirasakan banyak orang. Riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) membuktikan, pada awal 2017 terdapat 132 juta masyarakat sudah memiliki akses internet. Data tersebut pun naik hingga 22% di tahun 2018. 82% penggunanya memilih smartphone untuk online.

Fakta mengejutkannya, Google Indonesia bersama Kantar WorldPanel Indonesia (lembaga riset) mengatakan pengguna internet didominasi para ibu milenial. Riset tersebut menunjukkan, 1 dari 4 pengguna internet Indonesia adalah ibu-ibu.

Ariani Dwijayanti, Industry Analyst Google Indonesia menjelaskan ibu-ibu yang dimaksud ialah wanita yang baru saja hamil, setelah melahirkan, hingga ibu-ibu yang sudah memiliki anak-anak dewasa.

“Sempat berpikir pasti yang menggunakan internet anak muda, tapi ternyata 1/4 penggunanya internet di Indonesia ialah ibu-ibu dari semua golongan dan usia,” ujarnya saat ditemui dalam acara “Tren dan Kebiasaan Online Ibu-ibu Jaman Now” di Ice Place, Jakarta Selatan, Kamis (22/1).

Ariani mengatakan ibu-ibu milenial tersebut rupanya senang sekali membaca konten di internet. Terutama soal parenting yang terus meningkat setiap tahunnya. Dari tahun 2016 ke 2017 kenaikannya hingga 26%. Tiga fase parenting yang sering ibu cari di internet ialah seputar kehamilan 52%, baby 16%, dan toddler 32%.

“Ada tiga fase dimulai ketika ibu pregnancy, ketika sudah punya bayi, dan cara mendidik anak yang baik," tambahnya.

Ibu-ibu milenial suka cari konten di internet./Copyright shutterstock.com

Pada fase kehamilan, Ariani mengatakan ibu paling banyak mencari nama anak, kemudian ciri-ciri kehamilan, persiapan kehamilan, dan melahirkan. Fase bayi, musik yang baik untuk bayi. Lalu fase toddler, bagaimana cara mendidik anak dengan baik.

Selain mencari konten, para moms ini juga menyukai aplikasi YouTube. Ariani mengatakan, mereka sangat menyukai video-video parenting bagaimana mengajar anak membaca dan berhitung. “Youtube populer di kalangan ibu-ibu. Hingga naik lima kali lipat dalam satu tahun,” tuturnya.

Hal serupa pun dikatakan, Lani Rahayu selaku Senior Marcomm & PR Manager, kini susu, personal care seperti sabun, sampo bayi,  popok menjadi tiga teratas produk terlaris.

“Kini millenial mom lebih pintar untuk memilih produk-produk terutama produk parenting. Mereka akan mencari ulasannya terlebih dahulu baru membelinya,” ujarnya.

Bukan hanya parenting, ibu-ibu juga senang mencari tentang resep masakan, entertainment, nonton YouTube tutorial beauty dan fashion. Nah ladies yang dikatakan ibu-ibu milenial ialah mereka berusia sekitar 30 tahun, di mana mereka transisi dari generasi sebelumnya, ke generasi yang lebih terbuka dan melek teknologi. Itulah mengapa, ibu-ibu ini menjadi lebih kritis dalam melihat sesuatu dan ingin banyak tahu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading