Sukses

Lifestyle

Tak Kalah Menawan, Busana Adat Sulawesi Selatan Bikin Pria Tampil Elegan

Menyebut daerah Sulawesi Selatan, selain kekayaan alam dan kulinernya, Ladies mungkin akan teringat pada busana adat yang dikenakan para wanita. Ya, baju bodo yang biasanya dipakai saat acara adat atau pernikahan ini memang memberikan tampilan menawan, berkat warna-warnanya yang cerah.

Tapi nggak banyak yang tahu, jika Sulawesi Selatan juga memiliki busana adat untuk kaum pria, seperti yang dikenakan oleh Nurdin Halid saat bertemu dengan Raja Luwu. Namanya memang sudah nggak asing lagi, Ladies. Selain merupakan politisi handal dari partai Golkar dan sempat menjabat Ketua PSSI 2003-2011, Nurdin kini menjadi calon gubernur Sulawesi Selatan yang akan berlaga di Pilkada 2018.

Demi mewujudkan misinya untuk membawa rakyat Sulsel ke arah yang lebih baik, Nurdin memutuskan untuk pulang kampung. Pria yang dipasangkan dengan Aziz Qahhar Mudzakkar ini melakukan safari ke daerah pelosok, dengan mengenakan busana adat Sulawesi Selatan. Tampak gagah di usianya yang kini menginjak 59 tahun, Nurdin mengenakan jas hitam yang dikombinasikan dengan sarung dan akesoris lainnya.

(c) FB NurdinHalidOfficial

Masing-masing bagian dari busana adat ini juga punya nama dan aturan pakai tersendiri, lho. Biasanya para pria akan mengenakan baju bella dada (belah dada dan dikancingkan), yaitu baju lengan panjang, lengkap dengan kerah dan kantong di kanan dan kiri baju.

Baru kemudian menambahkan jas tutu atau jas tutup, yang dilengkapi dengan kancing-kancing yang terbuat dari emas atau perak, sehingga memberikan kesan mewah. Penampilan tokoh pria seperti Nurdin Halid pun makin sempurna dengan paroci atau celana dan sarung yang disebut dengan lipa garusuk.

Balutan busana adat yang dikenakan suami Andi Nurbani kian lengkap dengan tambahan tutup kepala yang dibuat dari anyaman daun lontar, yang dikenal dengan nama kain pasapu. Selain itu ada juga variasi lain berupa songkok atau mbiring yang dihiasi benang emas dan menjadi lambang status sosial pemakainya.

Nggak kalah keren dengan baju bodo yang dikenakan para wanita Sulawesi Selatan, baju adat prianya juga diperkaya aksesoris pelengkap, seperti rante sembang, sapu tangan berhias, gelang, selempang, hingga keris. Gelang emas yang menghiasi pergelangan tangan punya bentuk unik, berupa ular naga yang dikenal dengan ponto naga.

Tak ketinggalan keris khas Sulawesi Selatan, pasattimpo atau tatarapeng, yang diselipkan di bagian depan tubuh. Selain memiliki kepala dan sarung yang terbuat dari emas, keris ini diikatkan ke tubuh dengan menggunakan talibannang.

Berbalut busana adat Sulawesi Selatan, Nurdin Halid tampak gagah dan percaya diri saat menemui tokoh masyarakat dan rakyat pendukungnya. Kewibawaan dan sikap lugasnya terpancar dari niat tulus untuk memimpin rakyat menuju masa depan yang lebih baik, melalui Pilkada Sulsel 2018.

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading