Sukses

Lifestyle

Bahaya Penggunaan Kursi Rotan Untuk Anak di Motor, Moms Wajib Baca!

Ladies yang tinggal di wilayah urban pasti sudah biasa melihat aksesoris sepeda motor ini; bangku rotan. Bangku ini memang dirancang sebagai bangku tambahan untuk anak balita. Ukurannya kecil dengan warna-warni menarik dan pas ditempatkan di bagian depan antara pengendara dengan stang motor.

Meski booming, kursi macam ini ternyata sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan keselamatan si kecil yang ada di kursi dan pengendara motor. Demikian menurut Edo Rusyanto selaku Pemerhati Keselamatan Jalan dalam perbincangannya dengan awak vemale.com, Kamis (11/1).

"Hal itu (kursi rotan) dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver seperti berbelok. Jangan lupa, prinsip bersepeda motor adalah menjaga kestabilan atau keseimbangan si roda dua melaju di atas aspal," ujarnya.

Menempatkan anak di kursi tambahan juga artinya menambah jumlah penumpang yang dianjurkan dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Di mana dalam peraturan itu disebutkan bahwa sepeda motor untuk dua orang; pengendara dan satu penumpang.

Memang belum banyak informasi mengenai keselamatan dari kursi ini di masyarakat. Wajar jika kemudian kursi rotan ini dijual bebas di toko pinggir jalan atau pun secara online. Padahal jika saja dipahami maka seseorang akan sadar bahwa penempatan anak di bagian depan dengan kursi tambahan akan membahayakan keselamatannya.

Edo memberi tips berkendara dengan lebih aman pada orangtua yang memiliki balita atau pun anak di bawah usia 12 tahun. Prinsip pertama adalah pengendara dan penumpang mesti 'menyatu' dan penumpang berpegangan erat dengan pengendara.

"Selain itu, seirama dengan gerakan pengendara, maksudnya tidak berlawanan arah sepeeti satu ke kanan dan satu ke kiri. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan pengendara dalam menstabilkan sepeda motor agar tetap melaju," ujarnya lagi.

Oke kini kamu sudah mengerti kan kenapa kursi rotan ini berbahaya digunakan di motor. Sebaiknya lebih berhati-hati lagi ya Ladies dan terapkan tips yang dianjurkan. Selamat mencoba :)

(vem/zzu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading