Sukses

Lifestyle

Damai Dengan Ibu, Sebuah Film Pendek untuk Ibu

Dear Moms, sebuah channel youtube komunitas para ibu Indonesia, baru saja meluncurkan short movie special Hari Ibu terbarunya berjudul Damai Dengan Ibu (DDI). Film yang disutradarai dua content creator yang juga pasangan suami-istri, Benazio Rizki Putra (@benakribo) dan Vendryana Ayu Larasati (@vendryana) ini, terwujud berkat dukungan IVG Production (@ivgproduction), yang merupakan tim produksi dari film pendek DDI.

Alasan di balik pembuatan film tersebut, dijelaskan oleh Vendryana – Founder Dearmoms.id juga Co-Director film DDI – adalah untuk mengangkat salah satu fakta permasalahan yang dialami ibu-ibu baru aman sekarang. Faktanya, banyak di antara mereka yang mengalami konflik batin saat menghadapi masalah-masalah pascamelahirkan juga perbedaan prinsip pengasuhan dengan orang tuanya. “Seperti waktu aku sakit pas Zayka masih bayi banget, aku sempat stres karena Zayka ikut sakit. Lalu, ASI-ku hari itu juga nggak keluar, dan ini membuat aku makin stres. Sedihnya, Zayka makin rewel dan karena panik, saat itu ibuku langsung menawarkan susu botol, aku refleks langsung menolak dengan nada bicara yang kurang enak,” ungkap Vendryana mengenang kembali masa-masa setelah melahirkan putra pertamanya, Benzivar Zayka Mavendra.

Tak berhenti pada permasalahan ibu milenial yang clueless saat menghadapi masalah pengasuhan saja, masih banyak kendala yang dihadapi ibu baru pascamelahirkan. Salah satunya, perasaan yang lebih sensitif dan perubahan mood yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Kondisi sensitif ini, juga dapat menyumbang permasalahan pascamelahirkan lebih banyak lagi. “Memang, saat awal-awal menjadi ibu, aku merasa jadi lebih sensitif sama orang-orang yang ‘terlalu peduli’ sama anakku, bahkan sama mamaku,” tambah Vendryana. Kondisi semacam ini, rentan menyebabkan perselisihan dengan orang terdekat, salah satunya ibu sendiri. “Tapi untungnya, mamaku termasuk ibu yang terbuka pikirannya,” tukas Vendryana.

Berbekal pengalaman beberapa ibu milenial yang dikenal Vendryana, juga sedikit pengalamannya sendiri, tercetuslah ide skenario film pendek Damai Dengan Ibu (DDI). Dalam film berdurasi 10 menit tersebut, diceritakan tentang seorang wanita muda bernama Mia – diperankan oleh Dewi Pratiwi (@dpratiwi24) – yang baru saja memasuki dunia baru menjadi seorang ibu. Banyak perbedaan pendapat antara Mia dan ibunya, Ibu Nis – diperankan oleh Putri Ayudya (@_kuejahe) – tentang cara mengurus anak akibat gap generasi diantara keduanya. Kendati demikian, setelah mendengar penuturan asisten rumah tangganya, Mbok Inah – diperankan Imelda Dwi (@lensajalanjalan.id) – tentang perjuangan sang ibu saat melahirkan dan membesarkan Mia sendirian, Mia pun menyadari bahwa setiap ibu memiliki perjuangannya masing-masing. Beruntung, saat menyandang status sebagai ibu baru, Mia senantiasa mendapat support suami Mia, Jun – diperankan oleh Fauzan Alfathan (@fauzanalfathan).

“Terkadang, kita, para ibu baru  lupa kalau bertahun-tahun yang lalu saat kita baru dilahirkan, ibu kita pun juga berjuang, sama besarnya seperti yang kita alami, atau bahkan lebih. Perbedaan pola asuh dan kepercayaan  zaman dahulu dengan zaman sekarang, membuat para ibu dan anaknya tidak mendapatkan kecocokan. Harapan saya, dengan adanya film pendek Damai Dengan Ibu, bisa menjadi pengingat bagi kita semua, bagaimana pun ibu kita juga berjuang dan memberikan kasih sayang tanpa henti dari dulu hingga sekarang dan juga menghargai pendapat ibu serta mengomunikasikan dengan baik apabila muncul perbedaan,” pesan Vendryana ketika menjelaskan kembali tujuan membuat film pendek yang diproduksi oleh channel komunitas yang berdiri sejak Februari 2017 ini.

Crew IVG production selaku tim yang ikut membuat film pendek ini berharap akan lebih banyak karya yang diproduksi oleh IVG. Benazio Rizki Putra, selaku sutradara film pendek DDI menyatakan, “Harapan gue supaya pesannya bisa sampai nggak cuma ke para ibu saja, tapi juga buat kita semua, anak-anak dari ibu kita. Supaya kita tetap menghargai kerja keras dan perjuangan ibu kita. Semoga short movie ini bisa memberikan warna yang baru di dunia youtube yang menurut gue mayoritas isinya masih lebih banyak hiburan”. Setelah film pendek ini diunggah ke youtube, dalam waktu 1 hari, film pendek Damai Dengan Ibu berhasil masuk trending video di Youtube Indonesia. Untuk full video-nya, dapat dilihat di link berikut : bit.ly/damaidenganibu.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Berita Wanita

Loading