Sukses

Lifestyle

Menakjubkan, Ilmuwan Ini Ciptakan Tanaman yang Bisa Nyala Dalam Gelap

Pernah melihat adanya lampu di tepi jalan yang dibuat seperti pohon? Pernah membayangkan bagaimana jadinya jika lampu tersebut sungguhan pohon dan cahaya yang terpancar di dalamnya murni berasal dari pohon tersebut?

Dilansir dari laman odditycentral.com, seorang ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menciptakan tanaman yang bisa menyala dalam gelap. Michael Strano, adalah co-author di penelitian sekaligus penemuan ini. "Visi kamu adalah membuat tanaman yang berfungsi menerangi meja atau membuat lampu meja tanpa harus mencolokkan lampu tersebut ke listrik lebih dulu," ungkap Michael.

Tanaman ini bisa menyala dalam gelap/copyright odditycentral.com

"Cahaya ini didukung oleh metabolisme energi dari tanaman itu sendiri," tambahnya. Dalam penelitian ini, para peneliti telah menanam kangkung, selada air, argula dan bayam. Dengan menambahkan luciferase atau enzim yang membuat kunang-kunang bersinar di setiap media tanamnya, tanaman yang dihasilkan pun akhirnya mampu memancarkan cahaya saat gelap.

Selain menambahkan luciferase, peneliti juga menambahkan luciferin serta membuat tekanan pada setiap tanaman. Tekanan yang ada akan memungkinkan zat kimia pada media tanam meresap dengan baik dalam tanaman lewat pori-pori kecil tanaman itu sendiri.

Cahaya pada tanaman begitu terang dalam gelap/copyright odditycentral.com

Untuk percobaan pertama, para ahli mengungkapkan jika tanaman bisa menyala selama 45 menit. Tapi, di percobaan selanjutnya, tanaman bisa menyala 3 sampai 4 jam. Para ahli percaya, dengan modifikasi dan penelitian lebih lanjut, tanaman yang menyala bisa bertahan hingga berjam-jam dengan cahaya yang lebih melimpah atau terang.

Dengan terciptanya tanaman ini, diharapkan ini bisa membantu warga dunia untuk menghemat sumber energi listrik yang ada.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading