KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Menghemat Anggaran Rumah Tangga Bisa Dimulai dari AC yang Tepat, Ladies!

Kamis, 07 Desember 2017 14:09 Penulis: wri
(c) Shutterstock

Vemale.com - Rumah yang sudah bersih dan tertata rapi akan semakin terasa nyaman berkat keberadaan AC di dalamnya. Apalagi saat udara sedang panas-panasnya, perangkat pendingin ruangan ini akan menghadirkan kesejukan yang bikin keluarga betah berlama-lama di dalam rumah. Namun, kebanyakan orang mengeluhkan biaya tagihan listrik jadi membengkak. Tenang Ladies, gunakan beberapa solusi berikut ini untuk menghemat anggaran rumah tangga.

Mengurangi Panas dalam Ruangan

Keadaan rumah yang biasanya cukup sejuk di pagi hari mulai terasa gerah akibat masuknya sinar matahari lewat jendela atau kisi rumah saat siang hari. Memasang AC memang dapat digunakan untuk menyejukkan ruangan, tapi suhu yang cukup tinggi membuat kinerjanya lebih berat dan mengeluarkan lebih banyak daya untuk mengatasi panas yang berlebih.

Untuk menghemat biaya, kurangi cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam rumah. Mulai dari menutup pintu atau jendela, memasang gorden berwarna gelap, hingga meletakkan tanaman hijau di dalam rumah.

Pasang Kipas pada Plafon

Sudah ada AC kok masih memakai kipas? Mengombinasikan AC dengan kipas yang menempel di atap ternyata menjadi langkah yang efektif untuk mempercepat proses pendinginan ruangan dan mempertahankannya.

Selain itu, kipas memerlukan daya listrik yang jauh lebih rendah dibanding AC, sehingga lebih hemat listrik. Atur suhu pada remote control AC tiga atau empat derajat lebih tinggi dibanding suhu yang biasa digunakan, lalu nyalakan kipasnya. Menurut National Resource Defence Council, cara ini menjadikan ruangan sepuluh derajat lebih dingin tapi dapat menghemat listrik hingga sepuluh persen. Lumayan, kan?

Gunakan Timer

AC biasanya dilengkapi dengan fitur timer yang dapat diatur kapan waktu menyala atau mati. Hal ini membuat kinerjanya lebih optimal tanpa harus melawan udara panas terus-menerus. Ladies dapat mengatur timer misalnya saat tidur. Di luar waktu yang telah disesuaikan, AC akan mati secara otomatis. Tapi hindari terlalu sering mematikan dan menyalakan AC karena akan menyedot daya listrik yang lebih besar.

Hindari Menyetel Suhu di Bawah 24 Derajat

Kebanyakan orang menyetel suhu AC sangat dingin, bahkan hingga 16 derajat Celcius dengan harapan membuat ruangan sejuk lebih cepat dan lama. Padahal, suhu ini sulit didapatkan dan membuat kompresor pada mesin bekerja tanpa henti. Akibatnya, daya listrik terus tersedot dan memicu mesin jadi lebih cepat rusak.

Sebaiknya setel suhu 24 derajat Celcius sebagai batas maksimal. Setelah mendapatkan suhu tersebut dan stabil, AC akan berubah menjadi mode fan atau seperti kipas angin, sehingga daya listrik yang dipakai sangat kecil.

Buat Ladies yang ingin memasang AC di rumah tanpa dipusingkan dengan biaya listrik yang membengkak, pilih AC LG Dual Cool Series. Jika dibandingkan dengan AC lowwatt, AC LG Dual Cool Series hadir sebagai AC hemat listrik dengan fitur menarik yang dinamai Active Energy Control. Berbeda dari cara kerja AC biasa, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur langsung konsumsi daya listrik, mulai dari 80 persen, 60 persen, hingga bekerja dengan 40 persen kebutuhan listrik.

Tidak hanya Active Energy Control, ada juga fitur Jet Cool yang bikin ruangan dingin lebih cepat, hingga auto-cleaning dan ionizer yang mendukung kesehatan keluarga. Ada juga fitur lain yaitu MultiWATT Option yang membuat kinerja AC lebih optimal dan hemat listrik cukup lewat kendali remote control saja. Kombinasi berbagai fitur ini membuat AC LG Dual Cool Series kamu jadi pilihan yang tepat untuk menghemat anggaran rumah tangga.

Ingin memiliki AC hemat dan lengkap dengan harga AC yang ramah di kantung? Pilih AC LG Dual Cool Series untuk rumah yang nyaman dan sejuk sepanjang hari. Info lebih lengkap klik di sini

(adv/eth/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial