KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

AC Cepat Rusak? Mungkin Caramu Merawatnya Salah, Ladies

Selasa, 05 Desember 2017 15:52 Penulis: wri
(c) Shutterstock

Vemale.com - Tinggal di negara beriklim tropis membuat suhu udara cukup tinggi dan bikin gerah, apalagi saat siang hari. Agar keluarga tetap betah di rumah, Ladies bisa memilih memasang AC untuk mendinginkan ruangan.

Durasi pemakaian yang terus-menerus tidak hanya berdampak pada tagihan listrik tapi juga kualitas AC. Jika cepat rusak, mungkin akibat beberapa cara merawat AC yang salah selama ini.

Malas Membersihkan Filter AC

Untuk menjaga kualitas AC tetap awet, jangan malas membersihkan filter AC. Debu yang menumpuk pada filter dapat menghambat aliran udara sehingga akan mengganggu kerja AC dan akhirnya lebih cepat rusak. Sebaiknya, ganti atau bersihkan filter 1 atau 2 bulan sekali untuk menjaga kualitas AC.

Lupa Membersihkan Kumparan AC

Selain membersihkan filter AC, jangan lupa untuk membersihkan kumparan AC. Debu tetap bisa masuk dan menumpuk pada kumparan sehingga menghambat aliran udara dan mengurangi kemampuannya untuk menyerap panas. Hal ini dapat menyebabkan Ac kelebihan beban dan bahkan memicu korsleting listrik. Bahaya, kan? Sebaiknya periksa dan bersihkan kumparan secara rutin setiap tahunnya.

Lupa Mematikan AC

Saking buru-burunya, Ladies meninggalkan rumah tanpa sempat mematikan AC. Akibatnya, mesin pendingin ini terus bekerja untuk mendinginkan ruangan. Bukan hanya membuat tagihan listrik membengkak, tapi lama-lama akan berpengaruh pada kualitas AC.

Sebaiknya, AC dinyalakan paling lama 5 jam dan istirahatkan untuk mendinginkan mesin. Selain itu, bisa juga menggunakan fitur timer yang akan mati dengan sendirinya dan menjaga AC  terlalu keras bekerja.

Enggan Melakukan Servis

Biasanya Ladies hanya akan menggunakan jasa servis saat AC mulai bermasalah, misalnya butuh waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan, atau bahkan ngadat. Jangan tunggu sampai AC rusak, sisihkan uang untuk memanfaatkan jasa servis untuk memeriksa kualitas AC, memperbaiki kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC.

Selain memperhatikan perawatannya, Ladies wajib mempertimbangkan kualitas AC sebelum memutuskan untuk membelinya. Kebanyakan pemilik rumah memilih AC lowwatt agar tidak terbebani oleh biaya tagihan listrik yang terlalu besar. Menggunakan teknologi inverter, pilihan AC hemat memang banyak tapi terkadang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendinginkan ruangan.

AC LG Dual Cool Series dari PT LG Electronics Indonesia hadir untuk menjawab kebutuhan Ladies untuk AC hemat listrik dan waktu. Dilengkapi dengan Jet Cool yang mempersingkat proses pendinginan ruangan dan Multi WATT Option yang memberikan fleksibilitas untuk mengatur penggunaan daya listriknya, AC LG dijamin unggul dibanding AC hemat listrik lainnya.

(c) LG Electronics Indonesia

Selain itu, AC LG Dual Cool Series juga lebih awet berkat inovasi baru dari LG yang membuatnya tetap dapat beroperasi walau tegangan listrik naik turun. Ditambah dengan jaminan 10 tahun untuk kompresor dan garansi PCB total selama 2 tahun, Ladies dapat menikmati ruangan yang sejuk lebih lama.

Bukan hanya perangkat indoor saja yang diperhatikan, tapi juga outdoor yang rentan gangguan seperti polusi, debu, dan cuaca ekstrem. Karat yang terbentuk dapat mengganggu kinerja AC dan membuatnya cepat rusak. AC LG Dual Cool Series memiliki Goldfin Technology, lapisan emas khusus pada kondensor yang mencegah korosi, sehingga dapat memperpanjang waktu penggunaan AC.

Jangan hanya menjadikan harga AC sebagai pertimbangan memilih pendingin ruangan, pilih AC LG Dual Cool Series yang tidak hanya hemat, tapi juga cepat dingin, dan tahan lama. Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial