KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Tips Bikin Kinerja AC Lebih Optimal Tapi Tetap Hemat Listrik

Selasa, 05 Desember 2017 15:46 Penulis: wri
(c) Shutterstock

Vemale.com - Udara panas yang kerap ditemui bagi masyarakat yang tinggal di kota besar memang kerap menimbulkan dilema tersendiri. Cuaca yang gerah nggak hanya bikin kurang nyaman, tapi juga membuat waktu istirahat jadi terganggu. Memasang AC di rumah dapat menjadi pertimbangan yang tepat. Tapi, khawatir tagihan listrik jadi membengkak? Tenang, ikuti beberapa tips berikut untuk menyiasatinya, ya!

Pastikan Ruangan Tertutup

Untuk membuat ruangan lebih cepat dingin tanpa memforsir kerja AC, Ladies wajib menutup pintu dan jendela. Membiarkan kamar dalam keadaan terbuka sama saja dengan membiarkan udara panas masuk kembali dan membuat AC bekerja keras untuk mendinginkannya. Selain itu, hindari juga terlalu sering membuka-tutup pintu karena kompresor mesin akan terus bekerja untuk menurunkan suhu hingga sama dengan suhu yang telah diatur.

Spot Pemasangan AC yang Tepat

Ada baiknya meletakkan AC di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Suhu yang cukup tinggi dalam ruangan dapat mempengaruhi kerja AC, bahkan yang menggunakan teknologi inverter sekalian. Selain itu, jangan memasang AC di dekat pintu atau jendela, agar udara yang keluar dari AC tidak mudah ke luar ruangan.

Menjaga Kebersihan AC

AC yang dibiarkan bekerja terus-menerus tanpa dibersihkan, lama-lama kinerjanya akan terganggu. Bukan hanya butuh waktu yang lama untuk mendinginkan ruangan, tapi juga lebih boros listrik, bahkan berisiko memicu korsleting.

Sebaiknya, sisihkan waktu dan uang untuk membersihkan kompresor dan filter AC di dalamnya. Jika perlu panggil jasa servis AC untuk membersihkannya secara optimal dan mencegah AC mengalami kerusakan parah.

Ukur Ruangan

Sebelum memilih AC, ukur dulu ruangan yang akan dipasang. Memilih AC dengan daya listrik yang terlalu besar untuk kamar yang kecil, justru akan membuat kerjanya kurang optimal dan lebih boros listrik. Begitu juga sebaliknya, ruangan yang terlalu besar dengan AC berdaya listrik kecil akan membuat proses pendinginan terlalu lama, bahkan udara sejuknya kurang terasa.

Tidak perlu bingung lagi memilih AC hemat listrik, karena kini hadir AC LG Dual Cool Series yang unggul dibanding AC Lowwatt lainnya. Jika AC lainnya menggunakan fitur pengaturan suhu untuk menghemat listrik, AC terbaru dari PT LG Electronics Indonesia ini memiliki fitur Active Energy Control.

Fitur menarik ini membantu Ladies untuk mengatur langsung besaran daya listrik yang digunakan. Untuk kamar yang luas atau berisi beberapa orang, tekan tombol Active Energy Control satu kali untuk membuatnya bekerja dengan daya listrik 80 persen. Sedangkan untuk suhu yang cenderung lebih dingin, seperti menjelang tidur atau di kamar berisi 1-2 orang, cukup pilih konsumsi listrik paling rendah, yaitu mencapai 40 persen.

Ada juga fitur Jet Cool yang dapat mempersingkat proses pendinginan ruang. Cukup dengan menekan satu tombol di remote control untuk mengaktifkannya, hanya butuh 3 menit saja untuk mencapai suhu yang diinginkan.

(c) LG Electronics Indonesia

Ada berbagai varian harga AC LG Dual Cool Series yang bisa dipilih dengan tambahan beberapa fitur. Mulai dari MicroDust filter untuk menangkap debu dan bakteri, ionizer untuk melumpuhkan zat berbahaya, hingga fitur skincare untuk menjaga kelembapan kulit.

Yuk, pilah-pilih AC terbaik yang bikin rumah jadi nyaman, tanpa terbebani biaya tagihan listrik yang terlalu besar. Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)
KOMENTAR PEMBACA
TOPIK TERKAIT
  1. Advertorial