KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Kenali Hak Anak karena Mereka Layak Mendapat yang Terbaik

Senin, 20 November 2017 09:05 Penulis: Ayu Puji Lestari
Hari Anak/Copyright Shutterstock

Vemale.com - Selamat Hari Anak Sedunia #worldchildrensday! Setiap tahun pada tanggal 20 November diperingati sebagai Hari ANak Sedunia. Penetapan ini dicanangkan pertama kali oleh pemerintah Inggris pada tahun 1954. Dengan peringatan ini diharapkan negara-negara lain dapat lebih meningkatkan kesadaran tentang perlindungan terhadap hak anak dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan anak.

Tahun ini peringatan Hari Anak Sedunia mengambil tema Kids Take Over, dengan maksud agar kita lebih memahami apa saja yang menjadi hak anak-anak dan berusaha untuk memenuhinya. UNICEF (20/11) menyebutkan bahwa 1 dari 12 anak di seluruh dunia tinggal di negara yang memiliki prospek masa depan yang buruk, bahkan di masa depan kehidupan anak-anak tersebut lebih buruk dibandingkan orang tuanya.

Menurut analisa UNICEF (20/11) 180 juta anak tinggal di 37 negara di mana mereka lebih cenderung hidup dalam kemiskinan ekstrim, tidak sekolah, atau dibunuh akibat kekerasan kepada anak.

Melalui peringatan Hari Anak Sedunia diharapkan kita mengenal hak dari anak-anak untuk menyelamatkan nyawa dan memperjuangkan hak mereka dan memenuhi potensinya. Ladies, berikut ini adalah 10 hak anak yang perlu kamu ketahui:

  1. Hak untuk bermain
  2. Hak untuk mendapatkan pendidikan
  3. Hak untuk mendapatkan perlindungan
  4. Hak untuk mendapatkan nama (identitas)
  5. Hak untuk mendapatkan status kebangsaan
  6. Hak untuk mendapatkan makanan
  7. Hak untuk mendapatkan akses kesehatan
  8. Hak untuk mendapatkan rekreasi
  9. Hak untuk mendapatkan kesamaan
  10. Hak untuk berperan dalam pembangunan

Ladies, demikian 10 hak anak yang perlu kamu ketahui. Penuhi segala hak anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Sekali lagi, Selamat Hari Anak Sedunia.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA