KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Menikah dengan Adat Jawa, Jangan Lupakan Hal Ini

Rabu, 08 November 2017 16:00 Penulis: Anisha Sakti Putri
Pernikahan Kahiyang-Bobby/©Merdeka.com/Debby Restu Utomo

Vemale.com - Putri kedua, Presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo, Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution baru saja mengucap janji suci dalam pernikahan yang begitu hikmat di Gedung Graha Sabna Buana. Mereka sudah sah menjadi suami istri.

Baca juga: Sah! Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Resmi Menikah

Dalam pernikahanya, Kahiyang memilih adat Jawa sesuai dengan asal usul keluarganya yang berasal dari tanah Jawa. Nah, jika kamu memiliki rencana menikah menggunakan adat Jawa seperti Kahiyang dan suami. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar unsur Jawa tercipta dalam sebuah resepsi pernikahan.

Yang pertama adalah pemakaian gebyok dalam dekorasi ruangan. Gebyok memang menjadi unsur penting dalam pernikahan adat Jawa. Untuk, background pelaminan kamu bisa menggunakan warna dengan nuasa cokelat.

Ada berbagai macam ukiran yang terdapat pada gebyok tergantung pada daerahnya masing-masing, biasanya memiliki unsur tiga dimensi. Lalu mengapa menggunakan gebyok? Sebab tradisi ini berawal dari adat istiadat ukiran yang biasanya ada di rumah, kini bisa dipakai pada resepsi pernikahan.

Kamu pun dapat menambahkan hiasan bunga agar dekorasi ruangan terlihat lebih mewah. Sedangkan untuk makanan, kamu bisa memilih menu nasi liwet atau makanan yang jarang ditemui dalam sehari-hari seperti Sate Kere, tengkeleng, dan Ledre. Menu ini pun menjadi menu andalan pada pernikahan Kahiyang.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala macam upacara adat seperti siraman, pasang tuwuh, Bleketepe, dan masih banyak lagi rangkaian adat yang harus dilakukan. Nah, untuk resepsi pernikahan dengan adat Jawa kamu bisa menyiapkan dana sekitar 115 juta untuk 600 orang.

Tertarik untuk mencoba?

(vem/asp/apl)
KOMENTAR PEMBACA