KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Alasan Warna Hitam Identik dengan Pernikahan Adat Jawa, Wajib Tahu!

Rabu, 08 November 2017 11:30 Penulis: Ayu Puji Lestari
Warna hitam/©Kapanlagi.com/Bayu Herdianto

Vemale.com - Kahiyang Ayu dan Bobby resmi menikah. Sewaktu akad nikah, Kahiyang Ayu memilih kebaya beludru warna hitam. lengkap dengan benang emas dan payet emas. Riasan khas Solo Putri semakin memancarkan kecantikan Kahiyang. Jika biasanya kebaya hitam dipakai sewaktu resepsi, berbeda dengan pilihan Kahiyang. Ia memakai kebaya beludru ini sewaktu akad nikah.

Nah, tahukah kamu makna kebaya hitam dalam pernikahan adat jawa? Jika di banyak tempat, baju pengantin identik dengan warna putih berbeda dengan pernikahan dalam adat jawa. Kebaya dalam pernikahan adat jawa identik dengan warna hitam.

Berbeda dengan daerah lain, masyarakat jawa percaya warna hitam sebagai warna untuk pernikahan. Sangat berbeda dengan daerah lain ya ladies? Umumnya warna hitam identik dengan duka dan suasana berkabung. Namun, dalam adat jawa warna hitam memiliki simbol kebijaksanaan dan keluruhan.

Pengantin Jawa diharapkan dengan memakai warna hitam maka rumah tangganya akan selalu senantiasi dilimpahi kebijaksanaan. Warna hitam juga akan membuat yang memakainya terlihat elegan dan berkelas.

Kahiyang, saat akad nikah memilih riasan Solo Putri dengan mengenakan sanggul bokor mengkurep dengan hiasan melati. Warnanya juga hitam, seperti busana pengantin adat jawa lainnya. Hmm, makin terlihat bijaksana bukan?

Bagaimana ladies, tertarik untuk memakai kebaya hitam di hari pernikahan kamu kelak? Share yuk di kolom komentar.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA