KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Serba-Serbi Acara Siraman Kahiyang Ayu, dari Air Siraman Hingga Souvenir

Selasa, 07 November 2017 13:10 Penulis: Ayu Puji Lestari
Siraman Kahiyang//copyright bridestory/All Seasons Photo

Vemale.com - Rangkaian siraman Kahiyang Ayu selesai digelar. Para tamu undangan pun ke luar dari kediaman Presiden RI Jokowi di Jalan Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah. Tamu undangan rata-rata adalah teman pengajian Ibu Iriana.

Siraman dimulai dengan pemasangan bleketepe oleh ayahanda Kahiyang Ayu. Nah, berikut ini adalah serba-serbi acara siraman Kahiyang Ayu.

Pemasangan bleketepe/copyright kapanlagi.com

Dilakukan di Dua Tempat Berbeda

Kahiyang melakukan acara siraman di rumah orang tua, sedangkan Bobby melakukan siraman di Hotel Alila, Solo. Acara dilakukan secara terpisah.

Menggunakan 7 Air dari Mata Air Berbeda

Air yang digunakan untuk acara siraman berasal dari 7 mata air yang berbeda. Mata air terdiri dari Keraton Surakarta, Masjid Agung Solo, Masjid Mangkunegaran, Masjid Laweyan, Rumah Pribadi di Sumber-Solo, Istana Negara dan Istana Bogor.

Baca Juga: Makna dari Acara Siraman

Souvenir Siraman

Souvenir siraman Kahiyang Ayu adalah peralatan mandi yang terdiri dari sampo, sabun, sisir dan handuk.

"Ini isinya ada sampo, sabun, sisir, dan handuk. Maknanya, karna ini kan acara siraman, jadi ini peralatan untuk mandi yang dikasih, karna disiram seperti mandi," ucap Diah Maharsi, salah satu kerabat Ibu Iriana di kediaman Jokowi, Jalan Kutai Utara, Solo, Jawa Tengah, Kapanlagi (7/11).

Kahiyang Sempat Menangis

Dalam acara siraman yang berjalan khidmad dan sakral, Kahiyang sempat menangis. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Diah kepada Kapanlagi (7/11), Kahiyang menangis karena akan lepas dari orang tua.

Selamat Kahiyang, semoga acaranya berjalan lancar hingga hari H.

(vem/apl)
KOMENTAR PEMBACA