KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

5 Cara Sakti Hadapi Catcalling (Pelecehan dan Aksi Pria Usil Menyebalkan)

Sabtu, 04 November 2017 14:30 Penulis: Endah Wijayanti
Saatnya untuk bersikap lebih tegas./Copyright pixabay.com

Vemale.com - Pernah nggak waktu jalan sendirian, tiba-tiba ada pria asing yang sial-siul dan melontarkan komentar-komentar yang melecehkan? Atau ada pria yang sok kenal sok dekat menggodamu di jalan? Pengalaman seperti ini jelas sangat mengganggu, ya.

Tindak pelecehan terhadap perempuan yang sering disebut catcalling memang sangat menyebalkan. Semua wanita bisa jadi target catcalling, terlepas dari usia dan pakaian yang dikenakan. Mungkin selama ini lebih sering menyikapi dengan cuek saja. Tapi ketika kesabaran sudah habis, saatnya untuk bersikap lebih tegas, ladies.

Ada sejumlah cara yang cukup efektif yang bisa dicoba untuk membuat para pria usil menyebalkan itu mati kutu. Seperti lima cara berikut ini.

Balas Komentarnya
Kalau kamu punya keberanian dan suara yang tegas, cara yang satu ini bisa cukup efektif untukmu. Coba balas komentarnya dengan nada tinggi atau mengulang komentar yang diarahkan padamu kembali padanya. Tunjukkan ekspresi kalau kamu nggak suka dengan sikap usil dan jahilnya tersebut.

Catcalling bukan pujian./Copyright websterjournal.com

Lakukan Hal Aneh
Ini juga sebenarnya butuh nyali yang besar. Kamu bisa coba bertingkah aneh, seperti mendadak tertawa keras ketika ada yang menggoda atau melecehkanmu. Atau mengarahkan jempol ke bawah padanya sebagai tanda kalau komentar atau godaannya itu jelek banget. Dengan menciptakan situasi yang aneh, dia juga akan bingung sendiri nantinya.

Pura-Pura Sibuk Sedang Ngobrol di Telepon
Cara ini bisa jadi bentuk pengalihan sendiri. Sekalipun nggak ada yang lagi mengobrol denganmu, cobalah untuk sok sibuk ngobrol di telepon. Biar dia yang menggodamu malu sendiri karena nggak diperhatikan.

Memang menyebalkan kalau digoda oleh pria asing./Copyright huffingtonpost.com

Blak-Blakan
Dekati dia, lalu katakan dengan blak-blakan kalau pada dasarnya nggak ada wanita yang suka dilecehkan atau "disial-siul" di pinggir jalan. "Maaf ya, nggak ada wanita yang suka dengan perlakuan Anda seperti itu," kira-kira seperti itu kalimat yang bisa kamu ucapkan atau utarakan. Atau kamu bisa coba balik tanya lagi padanya, "Ada apa memangnya?"

Beri Tatapan yang Menunjukkan Rasa Tidak Suka
Nggak usah bersikap manis pada pria yang nggak tahu malu. Kalau kamu nggak bisa mengekspresikan rasa benci melalui kata-kata, coba lakukan dengan tatapan mata. Tatap saja matanya penuh kebencian atau tatap matanya dengan ekspresi meremehkan.

Tapi satu hal yang sangat penting adalah selalu utamakan keamanan dan keselamatanmu, ya ladies. Akan lebih aman lagi bila kamu menguasai beberapa teknik bela diri sederhana sebagai cara untuk menyelamatkan diri bila ada seseorang melakukan kekerasan terhadapmu.

Memang tidak pernah mudah menghadapi dan menyikapi catcalling. Kalau kamu sendiri pernah nggak memiliki pengalaman tak menyenangkan dilecehkan atau digoda saat sedang jalan sendirian? Biasanya apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya?


(vem/nda)
KOMENTAR PEMBACA