Sukses

Lifestyle

Usung Tema Orang Utan, Ini National Costume Indonesia di Miss Universe

Ladies, kemarin Yayasan Puteri Indonesia mengadakan press conference untuk keberangkatan wakilnya yakni Bunga Jelitha ke ajang Miss Universe yang akan berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat. YPI pun sudah mempersiapkan beberapa busana termasuk National Costume yang akan bersaing untuk mendapatkan gelar terbaik.

Di tahun ini, kostum nasional Indonesia dipercayakan kepada desainer Rinaldy A Yunardi. Busana ini mengambil tema orang utan dan bertajuk 'Warrior of Orang Utan'.
Bunga dan kostum nasional Indonesia di Miss Universe/copyright: instagram/officialputeriindonesia
Seperti yang dilansir oleh instagram @officialputeriindonesia, kostum ini sarat akan filosofi. Indonesia adalah Negara dengan kekayaan alam yang melimpah dengan belantaran hutan terbesar kedua setelah Brazil yang tersebar di pulau Kalimantan. Keberadaan hutan ini menjadikan Indonesia sebagai paru-paru dunia. Namun tingginya aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, menyebabkan hutan di Kalimantan rusak yang berdampak pada menurunnya habitat satwa liar khususnya Orangutan. Orangutan adalah satwa endemik yang dilindungi oleh Negara dengan status mendekati kepunahan. Hal ini disebabkan karena menurunnya populasi Orangutan yang hingga kini tercatat sebanyak 104.700 ekor.

Costume yang terinspirasi dari baju kesatria perang ini terbuat dari bahan dasar kertas daur ulang ramah lingkungan yang kemudian dianyam menyerupai anyaman rotan, dihiasi oleh ornamen Kalimantan yang melambangkan kekokohan serta pejuang untuk melindungi satwa Orangutan dan hutan Kalimantan. Perhiasan di kepala melambangkan kekuatan adat dari suku Dayak di Kalimantan yang hidup selaras dengan alam dan hutan. Detail Wajah Orangutan pada bagian belakang kepala bermakna bahwa mereka membutuhkan pertolongan dan perlindungan dari manusia untuk bertahan hidup dengan tidak merusak habitat mereka di hutan. Perhiasan gelang dengan sepatu hingga lutut menggambarkan tameng dan kesiapan seorang kesatria untuk berjuang hingga membela dan melindungi habitat Orangutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Bunga dan kostum nasional Indonesia di Miss Universe/copyright: instagram/officialputeriindonesia
Kostum nasional ini memang berbeda dengan kostum-kostum sebelumnya yang berkesan 'festive'. Kostum ini seperti yang telah disampaikan oleh YPI ditujukan untuk mengajak seluruh pihak untuk melindungi Orangutan habitatnya di Kalimantan.

Bunga akan berjuang untuk Indonesia di ajang Miss Universe pada 12 - 27 November 2017. Malam Grand Final MU berlangsung pada 26 November 2017 di The AXIS, Planet Hollywood Las Vegas, AS. Semoga Bunga bisa membawa pulang mahkota Miss Universe ya Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading