Sukses

Lifestyle

Ilmuwan Klaim Temukan Padi Raksasa dengan Hasil Panen Melimpah

Padi atau beras selama ini menjadi bahan pangan pokok hampir sebagian besar masyarakat khususnya masyarakat Asia dan sekitarnya. Indonesia sendiri, ini menjadi salah satu negara agraris yang artinya merupakan negara pertanian dengan tanaman unggul padi. Bermacam-macam jenis padi bisa ditemukan di Indonesia atau negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Vietnam hingga China.

Bicara mengenai tanaman padi, dilansir dari laman sina.com, para ilmuwan telah mengklaim bahwa mereka baru saja menemukan spesies padi dengan kualitas unggul dan tinggi mencapai 2,2 meter. Padi ini bahkan dipercaya bisa mendatangkan hasil panen yang lebih melimpah yakni 20 sampai 50 persen lebih banyak dari padi biasanya.

Setelah melakukan penelitian selama bertahun-tahun, para ilmuwan di China bisa mengembangkan jenis pada raksasa yang menghasilkan butir beras melimpah/copyright sina.com

Para ilmuwan mengatakan jika padi raksasa ini bisa memberi makan lebih banyak. Setelah dilakukan penelitian mendalam kurang lebih selama 10 tahun, ilmuwan di Tiongkok resmi memperkenalkan jenis padi raksasa ini pada publik.

Sebuah tim peneliti di Institute of Suctropical Agriculture, di Chinese Academy of Sciences telah menanam dan memanen padi raksasa di lahan percobaan milik mereka. Lahan percobaan ini terletak di Kotapraja Jingjing di Kabupaten Changsha, Provinsi Hunan di Tiongkok. Xia Xinjie, salah seorang ilmuwan yang tergabung dalam penelitian ini memperkirakan jika dalam satu hektar sawah, bisa menghasilkan hingga 11,5 ton padi raksasa.

Xia juga mengungkapkan jika dalam setangkai padi raksasa, setidaknya ada sedikitnya 500 butir beras yang dihasilkan. Para ilmuwan di sini sebelumnya telah melakukan berbagai penelitian dengan menggunakan serangkaian tekhnologi baru demi menumbuhkan padi baru jenis raksasa. Penelitian ini juga melibatkan berbagai jenis padi liar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Padi raksasa temuan ilmuwan ini memiliki tinggi antara 1,8 meter sampai 2,2 meter/copyright asiantown.net/shutterstock.com

Yuang Longping, salah seorang ilmuwan pertanian mengatakan, "Kami telah melakukan berbagai penelitian dengan memanfaatkan serangkaian tekhnologi dan bibit padi. Saat ini, satu hektar lahan bisa memproduksi beras untuk 27 orang. Tahun 2050 nanti, kami harap satu hektar tanah bisa memproduksi berat sedikitnya untuk 43 orang."

Hasil panen ini sekaligus memecahkan rekor dunia di mana satu hektar lahan bisa menghasilkan ribuan kilogram beras.







(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading