KAPANLAGI NETWORK
MORE
  1. VEMALE
  2. /
  3. RAGAM

Pulang Bulan Madu, Raisa Bicara Pentingnya Kolaborasi

Kamis, 05 Oktober 2017 15:24 Penulis: Zika Zakiya
Raisa Andriana/copyright KapanLagi.com/Budy Santoso

Vemale.com - Raisa akhirnya pulang kembali ke Indonesia. Setelah beberapa pekan berbulan madu ke Italia dan Maladewa bersama Hamish Daud, Raisa pulang dengan kulit berwarna lebih kecoklatan.

Itu semua terlihat ketika Raisa hadir sebagai pengisi acara dalam Idea Fest 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Gadis keturunan Sunda itu membagi tipsnya kepada para peserta yang hadir mengenai pentingnya kolaborasi sebagai musisi dengan tema 'Mutual Engagement: Creating A Harmonious Collaboration'.

"Kolaborasi dimaksud adalah work together for a common purpose. Di musik, kolaborasi akan jadi jauh lebih luas dari sekadar musik saja," ujar Raisa saat berbicara di Zuckerberg Room, JCC, Jakarta,  Kamis (5/10).

"Kolaborasi bisa menghimpun art, culture, clothing line, bahkan aktor untuk video klip, " tambah Raisa yang hari itu hadir dalam balutan gaun serba hitam.

Raisa saat jadi pembicara di Idea Fest 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta/copyright Vemale.com/Zika Zakiya

Raisa dipilih sebagai pembicara karena salah satu gebrakannya mendirikan recording company bernama Juni Records. Perusahaan itu ia pupuk bersama rekannya, Andryanto Pratono, atau biasa disebut Boim.

Menurut Boim, contoh bentuk kolaborasi unik yang dilakukan timnya adalah menggabungkan Raisa dengan band cadas, Seringai. "Kolaborasi mempunyai dampak yang tinggi, dari kerja sama ini kami bisa membuat T-Shirt yang terjual 5.000 buah," tambah Boim yang langsung disambut tepuk tangan peserta.

Ditambahkan Raisa bahwa seseorang tidak usah takut berkolaborasi. Dari kerja sama macam itulah akan tercipta dan terbuka ragam peluang.  Khusus untuk seniman yang mengerti bisnis, kreativitas mereka juga akan bertambah saat kolaborasi terjadi

"Sebagai seniman kita nggak boleh buta bisnis. Kita harus sadar bahwa kita dalam industri bisnis, bahkan karya kita akan lebih terarah ketika berbisnis," ujar Raisa.

(vem/zzu/mim)
KOMENTAR PEMBACA