Sukses

Lifestyle

Tips Merawat Batik agar Awet

Kamu memiliki baju batik favorit? Menjaganya agar tetap awet memang tidak mudah. Beberapa kain batik yang dicuci dengan sabun biasa justru warnanya cepat pudar. Nah, bagaimana agar batik tetap awet dan warnanya tetap terjaga? Tidak perlu panik, cara di bawah ini wajib kamu coba.

Ladies, berikut ini adalah cara untuk menjaga batik tetap awet dan warnanya terjaga. Here we go!

    Gunakan Sabun Khusus

    Untuk mencuci kain batik sebaiknya gunakan sabun cuci khusus. Sabun jenis ini banyak dijual di pasaran. Jika memang tidak memungkinkan membeli sabun khususnya, kamu dapat menggunakan sampo. Sebelumnya, larutkan sampo dalam air lalu pergunakan untuk mencuci kain batik.

    Hindari Mencuci Batik dengan Mesin

    Sebaiknya hindari mencuci batik dengan mesin cuci. Usahakan untuk mencuci batik dengan tangan. Pencucian dengan mesin akan membuat warna batik cepat pudar dan kain mudah melar.

    Hindari Menjemur Langsung di Bawah Matahari

    Saat akan menjemur batik hindari memerasnya. Dan jangan menjemur batik di bawah sinar matahari secara langsung. Jemur di tempat yang lebih teduh atau kamu dapat mengangin-anginkan batik hingga kering.

    Saat kamu akan menjemurnya, tarik bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.


    Hindari Menggunakan Wewangian

    Jika kamu terpaksa menggunakan wewangian, hindari menyemprotkan secara langsung pada kain batik. Lapisi dengan kertas koran. Hal ini berlaku untuk kain batik terutama yang berbahan sutera.

Well, demikian 4 hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat kain batik. Semoga informai ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading